Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PENERAPANGUGATAN SEDERHANA (SMALL CLAIM COURT) DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Slawi _032 Acara 2023

Khasanah, Uswatun and Marjo, Marjo and Putrijanti, Aju (2023) EFEKTIVITAS PENERAPANGUGATAN SEDERHANA (SMALL CLAIM COURT) DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERDATA (Studi Kasus di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Slawi _032 Acara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peradilan di Indonesia diselenggarakan berdasarkan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan. Mahkamah Agung menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana sebagaimana diubah dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana sebagai upaya mencapai penyelesaian perkara di pengadilan negeri sesuai dengan asas peradilan tersebut. Sengketa perdata yang memiliki nilai gugatan kecil paling banyak 500 juta rupiah dan pembuktiannya sederhana dapat diselesaikan melalui gugatan sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diperlukan adanya gugatan sederhana (small claim court) dalam penyelesaian perkara perdata di pengadilan negeri, mengetahui efektivitas penerapan gugatan sederhana (small claim court) dalam penyelesaian perkara perdata di Pengadilan Negeri Slawi, dan mengetahui kendala dalam penerapan gugatan sederhana (small claim court) dalam penyelesaian perkara perdata di Pengadilan Negeri Slawi serta upaya untuk menyelesaikannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, dalam hal pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan narasumber terkait dan studi kepustakaan. Hasil wawancara digunakan sebagai data utama yang dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa alasan diperlukan adanya gugatan sederhanadalam penyelesaian perkara perdata di pengadilan negeri bertujuan untuk memangkas birokrasi perkara yang nilai gugatannya kecil dan pembuktiannya sederhana. Penerapan gugatan sederhana dalam penyelesaian perkara perdata di Pengadilan Negeri Slawi dapat terlaksana secara efektif.Dari penerapan gugatan sederhanadi Pengadilan Negeri Slawi terdapat kendala yang dihadapi berupa : a. adanya pembatasan mengenai domisili hukum para pihak;b. tidak adanya pengaturan mengenai eksekusi terhadap putusan gugatan sederhana;c.kurangnya kesiapan para pihak dalam menghadapi persidangan; d. kurangnya pengetahuan para pihak mengenai gugatan sederhana. Dalam mengatasi kendala tersebut, Pengadilan Negeri Slawi telah mengupayakan secara optimal terhadap penyelesaian perkara perdata melalui gugatan sederhana.
Kata Kunci:Efektivitas, Gugatan Sederhana, Pengadilan Negeri Slawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:49
Last Modified: 08 Nov 2023 02:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17664

Actions (login required)

View Item View Item