Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BEBAN KERJA DENGAN WORK-LIFE BALANCE PADA PEGAWAI NON ASN DAN KONTRAK FAKULTAS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Hartono, Rafi Surya and Mujiasih Endah, Endah (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP BEBAN KERJA DENGAN WORK-LIFE BALANCE PADA PEGAWAI NON ASN DAN KONTRAK FAKULTAS UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)

Abstract

Work-life balance menjadi suatu fenomena yang sering kali ditemui pada pegawai. Seseorang yang tidak memiliki kemampuan work-life balance akan mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan waktu antara kehidupan di dalam dan di luar pekerjaannya seperti waktu bersama teman, keluarga, maupun diri sendiri. Salah satu faktor penting ada tidaknya kemampuan work-life balance pada pegawai adalah persepsinya terhadap beban kerja yang diberikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap beban kerja dengan work-life balance pada pegawai non ASN dan kontrak fakultas Universitas Diponegoro Semarang. Subjek dari penelitian ini adalah pegawai akademik fakultas berstatus non-ASN dan kontrak yang ada di lingkungan Universitas Diponegoro dengan total sampel sebanyak 100 pegawai yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Peternakan dan Pertanian dengan metode cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala persepsi terhadap beban kerja (25 butir, α=0.910) dan skala work-life balance (27 butir, α=0.916). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik non parametrik Spearman’s Rho dengan hasil menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap beban kerja dengan work-life balance (rs = 0. 354, p <0.001). Berdasarkan pada penelitian ini didapatkan bahwa persepsi terhadap beban kerja memiliki hubungan dengan work-life balance pada pegawai non ASN dan kontrak Universitas Diponegoro Semarang. Hal ini dibuktikan dengan tingginya tingkat persepsi terhadap beban kerja membuat tingkat work-life balance yang tinggi pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:58
Last Modified: 05 Feb 2024 01:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item