Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN KERUGIAN AKIBAT DEBITUR YANG WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS: PUTUSAN NOMOR 38/PDT.G.S/2020/PN JBG.)._110 Perdata 2023

HARTANTO, BOBBY RAHMAT and Badriyah, Siti Malikhatun and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN KERUGIAN AKIBAT DEBITUR YANG WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN DENGAN JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS: PUTUSAN NOMOR 38/PDT.G.S/2020/PN JBG.)._110 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pembiayaan saat ini telah memberikan kemudahan khususnya untuk masyarakat kelas menengah ke bawah dalam hal memenuhi kebutuhan hidup. Dalam hal kebutuhan yang konsumtif, terdapat beberapa masyarakat yang menggunakan layanan jasa lembaga pembiayaan untuk pembelian kendaraan sepeda motor dengan jaminan fidusia, namun pada pelaksanaannya seringkali ditemukan sengketa berupa wanprestasi oleh debitur yang memberikan dampak kerugian terhadap perusahaan pembiayaan selaku kreditur seperti pada Putusan Pengadilan Negeri Nomor 38/Pdt.G.S/2020/PN Jbg. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membuat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/POJK.05/2014 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan yang mendasari kegiatan usaha pada lembaga pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian kerugian akibat wanprestasi oleh debitur pada perjanjian pembiayaan konsumen pembelian sepeda motor dengan jaminan fidusia berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Nomor 38/Pdt.G.S/2020/PN Jbg dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi para pihaknya berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Penulisan hukum ini menggunakan metode yuridis – normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif – analitis yang sumber datanya adalah data sekunder berupa kajian terhadap peraturan perundang-undangan terkait serta data primer berupa wawancara dengan pihak yang berwenang. Pada hasil penelitian, penulis ingin membahas mengenai tinjauan yuridis penyelesaian kerugian akibat debitur yang wanprestasi dalam perjanjian pembiayaan konsumen dengan jaminan fidusia berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Nomor 38/Pdt.G.S/2020/PN Jbg. Wanprestasi yang terjadi yakni dimana debitur tidak melaksanakan kewajibannya berupa angsuran kepada kreditur sehingga berlaku upaya hukum eksekusi jaminan berdasarkan pengertian Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 Jaminan Fidusia.
Kata Kunci: Perjanjian Pembiayaan Konsumen, Jaminan Fidusia, Wanprestasi, Kerugian, Perlindungan hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:59
Last Modified: 02 Nov 2023 01:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item View Item