Search for collections on Undip Repository

PERJANJIAN PERKAWINAN DALAM KAITAN TERHADAP PEMISAHAN HARTA DAN KEDUDUKAN SUAMI ISTRI SEBAGAI AHLI WARIS (StudiPutusan MA Nomor804/PK/Pdt/2009)._111 Perdata 2023

CHANDRA, STEVEN WIRA and Yunanto, Yunanto and Aminah, Aminah (2023) PERJANJIAN PERKAWINAN DALAM KAITAN TERHADAP PEMISAHAN HARTA DAN KEDUDUKAN SUAMI ISTRI SEBAGAI AHLI WARIS (StudiPutusan MA Nomor804/PK/Pdt/2009)._111 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkawinan yang dilangsungkan oleh pasangan suami dan istri menimbulkan beberapa akibat hukum, salah satunya berkaitan dengan timbulnya persatuan harta. Persatuan harta dapat ditiadakan antara pasangan suami istri dengan melakukan sebuah perjanjian pemisahan harta. Perjanjian pemisahan harta tersebut lazim dikenal dengan sebutan perjanjian perkawinan/perjanjian kawin. Perjanjiankawindiaturdalamketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata danUndang-UndangNomor 1 Tahun 1974 tentangPerkawinan. Perjanjianperkawinan yang dibuat oleh suami dan istritidakbolehmelanggar batas-batas hukum, agama maupunkesusilaan. TerdapatsebuahkasusterjadisengketahakwarismelaluisuratPutusanMahkamah Agung Nomor 804/PK/Pdt/2009 hakim memutusbahwapemohonkasasi yang juga berkedudukansebagaisuamitidakberhakmewariskarenatelahdibuatperjanjianperkawinanpisahhartasebelumnyadenganistrinya. Berdasarkankeputusantersebutmenimbulkanpermasalahanyang menjadilandasandilakukanpenelitianiniyaitu 1) Bagaimanakedudukanahliwaristerhadapperjanjianperkawinanpisahharta?serta2) ApakahkeputusanMahkamah Agung Nomor 804/PK/Pdt/2009 telahtepat dan dapatmenunjangkeadilansertapemenuhanhak para pihak yang bersengketa?
Metode penelitian yang digunakan dalam merancang penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Penelitian yuridis normatif digunakan untuk meneliti kaitan pembuatan perjanjian perkawinan pisah harta dan kedudukan ahli waris dan untuk mengkritisi putusan MA Nomor 804/PK/Pdt/2009 yang sumberpenelitianinibersumberdariteori, doktrin, kajianpustakasertaperundang-undangan yang berlaku.
Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukanterhadapkeputusanMahkamah Agung Nomor 804/PK/Pdt/2009 menyatakanbahwapembuatanperjanjianperkawinantidakmenyebabkanhilangnyahakmewaris para anggotakeluargatermasuksuami dan istri yang hidupterlamasertaterjadikekeliruan hakim dalammenjatuhkanputusandikarenakantidakterdapatketentuanUndang-Undang yang secarategasmenyatakanpembuatanperjanjianperkawinandapatmenghapushaksuamiatauistriterlamauntukmewaris.

Kata Kunci:PerjanjianPerkawinan;PemisahanHarta;Ahli Waris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:57
Last Modified: 02 Nov 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17610

Actions (login required)

View Item View Item