Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN KLAUSULA PILIHAN HUKUM (Choice of Law) DAN PILIHAN FORUM (Choice of Forum) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONTRAK INTERNASIONAL DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PERDATA INTERNASIONAL (Studi Kasus PT Budi Semesta Satria dan Toepfer International Asia). _112 Perdata 2023

Margaretha, Nina Vernia and Aminah, Aminah and Widanarti, Herni (2023) PENERAPAN KLAUSULA PILIHAN HUKUM (Choice of Law) DAN PILIHAN FORUM (Choice of Forum) DALAM PENYELESAIAN SENGKETA KONTRAK INTERNASIONAL DITINJAU BERDASARKAN HUKUM PERDATA INTERNASIONAL (Studi Kasus PT Budi Semesta Satria dan Toepfer International Asia). _112 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kontrak internasional adalah kontrak yang mengandung unsur asing di dalamnya. Kontrak internasional umumnya mencantumkan klausula pilihan hukum dan pilihan forum sebagai implikasi dari adanya asas kebebasan berkontrak. Pada prakteknya, penerapan pilihan hukum dan pilihan forum dalam perjanjian tidak selalu sesuai dengan apa yang ditentukan dalam perjanjian, maka timbul persoalan terkait bagaimana penerapan pilihan hukum dan pilihan forum apabila dalam suatu hubungan hukum terdapat beberapa perjanjian yang mengatur pilihan hukum dan pilihan forum yang saling berbeda dalam kasus PT Budi Semesta Satria dan Toepfer International Asia, dan apakah terdapat ketentuan hukum yang mengatur hal demikian dalam sumber hukum kontrak internasional.
Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif analitis, dengan menggunakan data sekunder dan metode pengumpulan data studi kepustakaan. Seluruh data akan dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis yang didasarkan oleh bahan hukum primer berupa peraturan, asas atau prinsip sebagai sumber utama dan bahan hukum sekunder.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa tidak terdapatnya ketentuan hukum dalam hal menentukan pilihan hukum dan pilihan forum apabila diatur di dalam beberapa perjanjian yang memiliki objek perjanjian yang berbeda serta prosedur penyelesaian sengketa yang berbeda dalam satu hubungan hukum. Apabila terdapat beberapa perjanjian dalam satu hubungan hukum, maka hakim akan menilai berdasarkan substansi yang diatur di dalam kontrak, kedudukan dari setiap kontrak, serta ketentuan-ketentuan hukum yang dapat dijadikan acuan untuk menyelesaikan sengketa. Terkait penyelesaian sengketa kontrak internasional antara PT Budi Semesta Satria dan Toepfer International Asia, putusan majelis hakim PT DKI dan Mahkamah Agung kurang tepat dengan menyatakan bahwa PN Jakarta Pusat berwenang mengadili perkara tersebut dan mengesampingkan pilihan hukum dan pilihan forum dalam perjanjian Sales Contract (SC), sebab fakta-fakta hukum menunjukan bahwa objek sengketa berasal dari perjanjian SC, yang turut mengatur pilihan hukum dan pilihan forumnya sendiri. Adanya pilihan forum arbitrase maka berlaku prinsip separabilitas dan hilangnya hak para pihak untuk mengajukan penyelesaian sengketa ke Pengadilan Negeri sebagaimana yang diatur di dalam Pasal 11 ayat (1) UU AAPS oleh karena para pihak telah terikat dengan perjanjian arbitrase.

Kata Kunci: Pilihan Hukum, Pilihan Forum, Kontrak Internasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:57
Last Modified: 02 Nov 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item