Search for collections on Undip Repository

KUALITAS PELAYANAN TAMAN KOTA AKTIF SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP PENGGUNA DI KOTA SEMARANG

Ardanareswari, Ayu Sagita (2023) KUALITAS PELAYANAN TAMAN KOTA AKTIF SEBAGAI RUANG TERBUKA HIJAU TERHADAP PENGGUNA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
view_usp=drive_link - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi ruang terbuka hijau dalam segi perencanaan tata ruang menjadi hal penting
yang perlu dikembangkan kembali agar tidak terjadi penurunan kualitas lingkungan. Elemen
penting dalam lingkup perkotaan yaitu adanya ruang terbuka publik. Ruang terbuka publik
memiliki peran sebagai pusat adanya hubungan baik. Pengadaan ruang terbuka hijau
khususnya taman kota tengah menjadi program yang sedang digencarkan oleh Pemerintah
Kota Semarang. Upaya pembangunan taman kota di Kota Semarang satu cara mewujudkan
ruang publik yang nyaman serta mengurangi penurunan kualitas ruang terbuka hijau agar
keseimbangan dan fungsi taman kota dapat lebih optimal. Secara realitanya pengadaan
taman kota belum menjadi sasaran utama masyarakat melaksanakan aktivitas kegiatan di
taman kota sehingga diperlukan adanya penilaian kualitas taman kota aktif di Kota Semarang
berdasarkan persepsi pengguna.
Tujuan penyusunan Laporan Tugas Akhir ini mengetahui kualitas pelayanan taman
kota aktif sebagai ruang terbuka hijau terhadap pengguna di Kota Semarang dengan metode
kuantitatif yang digunakan skala likert dengan pengolahan Microsoft Excel. Variabel yang
digunakan adalah tingkat aktivitas, kemudahan akses, dan pelayanan pengguna.
Hasil perhitungan uji validitas setiap item pertanyaan memiliki nilai t hitung lebih
dari t tabel dengan hasil perhitungan t tabel adalah 1,649. Pada pengolahan uji reliabilitas
dapat dikatakan reliable apabila nilai r hitung lebih dari r tabel dengan hasil perhitungan r
hitung sebesar 0,820 dan r tabel sebesar 0,107. Berdasarkan hasil analisis yang telah
dilakukan kualitas taman kota aktif memiliki kualitas pelayanan baik dengan persentase
diantara 60%-79,9% yaitu variabel pelayanan pengguna memiliki nilai indeks rata-rata
sebesar 77,859%, variabel tingkat aktivitas sebesar 78,743%, dan variabel kemudahan akses
sebesar 77,565%. Hasil akhir penyusunan Laporan Tugas Akhir berupa Peta Kualitas
Pelayanan Taman Kota Aktif Kota Semarang yang bertujuan untuk mengetahui kualitas
pelayanan taman kota aktif sebagai ruang terbuka hijau terhadap pengguna di Kota
Semarang yang dapat digunakan untuk perencanaan kedepannya.
Kata Kunci: ruang terbuka hijau, taman kota, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ruang terbuka hijau, taman kota, kualitas pelayanan
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: School of Vocation > Diploma in Urban and Regional Planning
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:23
Last Modified: 01 Nov 2023 02:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17606

Actions (login required)

View Item View Item