Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUBUNGAN HUKUM YANG TIMBUL ANTARA KONSUMEN DAN PROMOTOR MUSIK YANG TIDAK DAPAT MEMENUHI PRESTASINYA. _119 Perdata 2023

ALISA, FADIA and Suharto, R and Muhydin, Muhydin (2023) ANALISIS HUBUNGAN HUKUM YANG TIMBUL ANTARA KONSUMEN DAN PROMOTOR MUSIK YANG TIDAK DAPAT MEMENUHI PRESTASINYA. _119 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang cukup besar merasakan dampak dari Covid-19, salah satunya pada bidang erekonomian. Salah satu bidang yang mulai hidup kembali adalah bidang musik.Kegiatan-kegiatan entertainment dibidang musik mulai banyak diadakan, seperti konser musik mulai dari artis lokal sampai artis internasional. Namun seiring banyaknya konser musik yang diadakan, banyak pula kasus batalnya konser oleh promotor. Penulisan hukum ini mengangkat dua permasalahan pokok yaitu mengenai hubungan hukum yang timbul antara konsumen dengan promotor musik dan perlindungan hukum bagi konsumen yang dirugikan karena batalnya konser musik. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis-empiris untuk mengkaji hubungan hukum yang timbul antara subjek terlibat dalam jual beli tiket konser serta perlindungan hukum bagi konsumen. Penulis menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada konsumen konser musik dan Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen Kota Semarang serta data sekunder untuk menemukan jawaban masalah secara komprehensif.
Hasil penelitian menunjakan bahwa hubungan hukum yang timbul menurut undang-undang yang ada adalah pelaku usaha dan konsumen yang secara sadar mengikatkan satu sama lain untuk memenuhi prestasinya masing-masing, akibat dari hubungan hukum yang timbul terjadi wanprestasi karena terdapat prestasi yang tidak terpenuhi. Penyelesaian yang bisa dilakukan adalah dengan mediasi bersama lembaga terkait dan apabila secara non litigasi tidak dapat selesai maka dapat menggugat melalui pengadilan negeri setempat.
Kata kunci: Wanprestasi, Perlindungan Konsumen, Promotor Musik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:25
Last Modified: 02 Nov 2023 01:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item