Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Harga Diri dengan Kesepian pada Mahasiswa Tahun Pertama Perantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Phuspa, Nasya Vyra Diah Adi and Sawitri, Dian Ratna (2023) Hubungan antara Harga Diri dengan Kesepian pada Mahasiswa Tahun Pertama Perantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Nasya Vyra Diah Adi Phuspa_ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (240kB)

Abstract

Kesepian merupakan kondisi yang wajar dialami oleh individu, bahkan saat berada disekitar orang lain dapat mengalami kesepian. Mahasiswa tahun pertama yang harus merantau ke daerah baru tergolong rawan mengalami kesepian karena mereka harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kesepian pada mahasiswa tahun pertama perantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama perantau di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang berjumlah 239 orang. Sampel penelitian ini adalah 142 mahasiswa tahun pertama (88,03% Perempuan; rata-rata usia = 19 tahun) yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur Skala Harga Diri (25 aitem, α = 0,93) dan Skala Kesepian (28 aitem, α = 0,94). Analisis Spearman’s Rho menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan kesepian (rs= -0,52, p > 0,05). Artinya, semakin tinggi harga diri maka semakin rendah kesepian yang dirasakan oleh mahasiswa tahun pertama perantau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:02
Last Modified: 05 Feb 2024 02:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item