Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KEPEMILIKAN KELUARGA DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Alhikmah, Dennysa (2023) PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KEPEMILIKAN KELUARGA DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Dennysa Alhikmah cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
S_Dennysa Alhikmah bab 1.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
S_Dennysa Alhikmah dapus.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal terhadap penghindaran pajak Penelitian ini juga menyelidiki apakah kepemilikan keluarga memoderasi hubungan pengendalian internal terhadap penghindaran pajak dan apakah ketidakpastian lingkungan memoderasi hubungan pengendalian internal terhadap penghindaran pajak.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 54 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi panel.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pengendalian internal berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak. Kepemilikan keluarga memiliki pengaruh terhadap hubungan antara pengendalian internal dan penghindaran pajak. Keluarga memperkuat pelaksanaan pengendalian internal untuk mencegah kesalahan material dalam pelaporan laporan keuangan perusahaan. Ketidakpastian lingkungan mempengaruhi hubungan antara pengendalian internal dan penghindaran pajak Lingkungan eksternal yang diukur dengan ketidakpastian lingkungan membuat perbedaan dalam penerapan pengendalian internal Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah peneliti selanjutnya dapat menambahkan pengukuran selain CETR untuk mengukur variabel penghindaran pajak, seperti menambahkan pengukuran BTD (Book Tax Differences) dan ETR (Effective Tax Rate)

Kata Kunci: Pengendalian Internal, Penghindaran Pajak, Kepemilikan Keluarga, Ketidakpastian Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Penghindaran Pajak, Kepemilikan Keluarga, Ketidakpastian Lingkungan
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:11
Last Modified: 31 Oct 2023 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item