Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PRIBADI BPHTB DI SEMARANG TIMUR

Nugraha, Daniel Surya (2023) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK PRIBADI BPHTB DI SEMARANG TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Daniel Surya Nugraha cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
S_Daniel Surya Nugraha bab 1.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
S_Daniel Surya Nugraha dapus.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, pajak dikenakan kepada orang pribadi atau badan yang memiliki penghasilan dan dikenakan atas setiap transaksi penjualan tidak terkecuali transaksi jual beli tanah atau transaksi pengalihan hak yang mengakibatkan diperolehnya hak atas tanah dan bangunan yang biasanya disebut sebagai Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Banyak pembayar pajak percaya bahwa membayar pajak penghasilan kita akan mengurai hasil penghasilan kita. Kecenderungan untuk tidak membayar pajak tentu menjadi masalah yang signifikan bagi pemerintah, terutama Direktorat Jenderal Pajak yang akan berdampak pada berkurangnya penerimaan negara dari sektor perpajakan terutama di pajak bphtb. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi lapangan dan menyebarkan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini munjukkan bahwa tingkat pemahaman wajib pajak dan sanksi perpajakan tidak memiliki pengaruh parsial terhadap kepatuhan wajib pajak, namun tingkat kepercayaan pada pemerintah dan tingkat pendapatan menunjukan hasil yang berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini juga menunjukan pengaruh secara simultan Ovariabel independen terhadap dependen berpengaruh signifikan dengan menunjukan hasil nilai signifikansi (0,000) kurang dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,05)

Kata kunci: Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak, Tingkat Pemahaman Wajib Sanksi Pajak, Kepercayaan Pada Pemerintah, Tingkat Pendapatan, Pajak Daerah, Bea Perolchan Hak Atas Tanah Dan Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak, Tingkat Pemahaman Wajib Sanksi Pajak, Kepercayaan Pada Pemerintah, Tingkat Pendapatan, Pajak Daerah, Bea Perolchan Hak Atas Tanah Dan Bangunan.
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: School of Vocation > Diploma in Taxation
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:54
Last Modified: 31 Oct 2023 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item