Search for collections on Undip Repository

PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM HAL PENCEMARAN NAMA BAIK OLEH PERS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 996/PDT.G/2021/PN JKT.SEL)._077 Perdata 2023

Sihaloho, Gamaliel Prominent Bernauli and Priyono, Ery Agus and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM HAL PENCEMARAN NAMA BAIK OLEH PERS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 996/PDT.G/2021/PN JKT.SEL)._077 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggugat dalam kasus ini melayangkan gugatan perbuatan melawan hukum atas tindakan tergugat yang mencemarkan nama baiknya dengan memberitakan Penggugat tidak sesuai dengan fakta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pertimbangan hakim dalam memutus perkara dalam Putusan Nomor 996/Pdt.G/2021/PN Jkt.Sel dan mengkaji tuntutan mengenai perbuatan melawan hukum pada putusan ini dan ketentuan mengenai perbuatan melawan hukum dalam pencemaran nama baik.

Penulisan hukum ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif – analitis. Jenis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data sekunder adalah dengan studi kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif.

Berdasarkan analisis penulis, perbuatan tergugat dengan melakukan pemberitaan mengenai penggugat dapat dikualifikasikan sebagai perbuatan melawan hukum yang mana telah sesuai dengan unsur dalam perbuatan melawan hukum dan teori relativitas, selain itu perbuatan tergugat juga dapat digolongkan telah melanggar ajaran dan teori dalam Hukum Pers, khususnya mengenai pemberitaan pengadilan dalam media massa. Penulis juga menganalisis tuntuan dalam perbuatan melawan hukum ini, bahwa perlu suatu formula khusus dengan mengkaji berdasarkan teori serta yurisprudensi putusan dalam perkura serupa.

Kata Kunci : Perbuatan Melawan Hukum, Pers, Pencemaran Nama Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:07
Last Modified: 02 Nov 2023 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item