Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERAN SUAMI ISTRI TERHADAP PEMBAGIAN HARTA BERSAMA (Studi Terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor 597K/AG/2016). -082 Perdata 2023

BR TARIGAN, SALSALINA KARINA and Yunanto, Yunanto and Widanarti, Herni (2023) PENGARUH PERAN SUAMI ISTRI TERHADAP PEMBAGIAN HARTA BERSAMA (Studi Terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor 597K/AG/2016). -082 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembagian Harta bersama merupakan akibat hukum dari perceraian. Dalam putusan MA No. 597 K/Ag/2016, hakim memutus bagian harta bersama 2/3 kepada bekas istri dan 1/3 kepada bekas suami, hal tersebut dikarenakan istri mengemban peran ganda sedangkan suami tidak menjalankan perannya selama perkawinannya. Akan tetapi Pasal 97 KHI mengatur jika terjadi perceraian maka harta bersama dibagi ½ kepada masing-masing pihak. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh peran suami istri selama terikat perkawinan terhadap pembagian harta bersama pasca perceraian dilihat dari perspektif keadilan dan bagaimana pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam pembagian harta bersama setelah terjadinya perceraian berdasarkan Putusan MA No. 597/K/Ag/2016. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yuridis normatif dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran atau kewajiban yang dijalankan oleh suami istri selama perkawinan dan juga pemenuhan moral pasangannya berpengaruh terhadap besaran bagian harta bersama yang akan didapatkan saat pembagian harta bersama setelah perceraian. (2) Hakim Agung dalam putusannya No. 597/K/Ag/2016 berdasarkan asas keadilan dan sosial justice memutuskan harta bersama dibagi 2/3 kepada bekas istri dan 1/3 kepada bekas suami dan mengesampingkan Pasal 97 KHI dengan pertimbangan bahwa bekas istri mengemban peran ganda selama masa perkawinannya dan memenuhi kebutuhan moral suaminya sedangkan bekas suami tidak menjalankan perannya sebagai seorang suami dan tidak memenuhi kebutuhan moral istrinya justru melakukan perbuatan yang tidak baik. Terkait dengan itu sebaiknya masyarakat terlebih dahulu memahami tentang harta bersama dan melakukan perjanjian perkawinan agar tidak menimbulkan konflik dikemudian hari, selain itu diharapkan agar dilakukan unifikasi hukum atas pembagian harta bersama dalam hal ini memberikan penilaian berdasarkan kontribusi/peran suami dan istri selama perkawinan agar nantinya putusan hakim dapat memberikan keadilan bagi para pihak.
Kata Kunci : Peran, Harta Bersama, Perceraian, Pertimbangan Hakim, Keadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:04
Last Modified: 02 Nov 2023 02:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item