Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KESESUAIAN KEGIATAN PEMANFAATAN RUANG (KKPR) DI KOTA SURAKARTA.-083 Perdata 2023

Yuwono, Bagas Priyo and Adhim, Nur and Ardani, Mira Novana (2023) IMPLEMENTASI KESESUAIAN KEGIATAN PEMANFAATAN RUANG (KKPR) DI KOTA SURAKARTA.-083 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaku usaha yang ingin melakukan usaha perlu melengkapi izin Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR).KKPR adalah sebagai acuan pemanfaatan ruang dan administrasi pertanahanyang manamerupakan kesesuaian antara rencana kegiatan pemanfaatan ruang dengan Rencana Tata Ruang (RTR) dan diterbitkan oleh pemerintah kota.
Tujuanpenelitian pada penulisan hukum ini adalah untuk mengetahui mekanisme Implementasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) di Kota Surakarta serta proses pemberian layananoleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakartatentang persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh pemohon dalam mengajukan KKPR untuk izin berusaha.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis empiris, yang melakukan pendekatan dengan penelitian lapangan yakni mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya berkenaan dengan mekanisme implementasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) di Kota Surakarta. Adapun pihak yang diwawancarai yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Surakarta.
Hasil dari penelitian pada penulisan hukum ini adalah implementasi KKPR di Kota Surakarta sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang dan Sinkronisasi Program Pemanfaatan Ruangdan upaya yang dilakukan pada saat terdapat hambatan dalam pelaksanaan KKPR,DPUPR Kota Surakarta memberikan solusi yang dapat menyelesaikan hambatan dengan cara yang sangat baik.

Kata Kunci: Implementasi, Tata Ruang, KKPR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:03
Last Modified: 02 Nov 2023 02:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item