Search for collections on Undip Repository

AKIBAT HUKUM PERUBAHAN STATUS KELAMIN DALAM PERKAWINAN PASCA PENETAPAN PENGADILAN TERHADAP LEGALITAS PERKAWINAN. -059 Perdata 2023

Sakinah, Danis Nayla and Aminah, Aminah and Prananda, Rahandy Rizki (2023) AKIBAT HUKUM PERUBAHAN STATUS KELAMIN DALAM PERKAWINAN PASCA PENETAPAN PENGADILAN TERHADAP LEGALITAS PERKAWINAN. -059 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya fenomena transeksual dalam masyarakat modern sudah tidak asing lagi. Dunia internasional termasuk Indonesia menyikapi adanya seseorang yang melakukan operasi ganti jenis kelamin untuk menjadi seorang transeksual, baik karena kelainan medis atau gender disforia, perlu diatur dalam hukum. Perubahan jenis kelamin seseorang akan diperlukan adanya penyesuaiandata pribadi dan kependudukan setelah adanya penetapan pengadilan atas perubahan tersebut. Apabila perubahan dilakukan suami isteri setelah perkawinan, akan dipertanyakan bagaimana legalitas perkawinan tersebut di Indonesia, serta apa langkah hukum yang dapat ditempuh untuk menegaskan legalitas perkawinan tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode yuridis-normatif dengan menggunakan metode pendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan konseptual, serta pendekatan kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa legalitas perkawinan sepasang suami istri yang apabila salah satu diantara keduanya menjadi seorang transeksual dan mendapatkan penetapan pengadilan atas perubahan tersebut, tidak lagi sah dimata hukum Indonesia. Perundang-undang di Indonesia yang menyerap hukum agama dan nilai-nilai religius, tidak memperbolehkan perkawinan yang berisikan pasangan dengan jenis kelamin yang sama, sehingga langkah hukum yang dapat dilakukan oleh pasangan tersebut untuk menegaskan legalitas perkawinan mereka ialah dengan membatalkan perkawinan. Maka dari itu diperlukan peraturan atau perpanjangan dari Undang-Undang yang ada, untuk mengatur perubahan jenis kelamin di Indonesia dalam konteks keperdataan agar lebih spesifik.
Kata Kunci: Perkawinan, Transeksual, Operasi Ganti Jenis Kelamin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:19
Last Modified: 02 Nov 2023 02:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item