Search for collections on Undip Repository

KEDUDUKAN HUKUM KREDITOR HAK TANGGUNGAN BOEDEL PAILIT TERHADAP SITA PERKARA PIDANA MENDAHULUI SITA UMUM PAILIT._060 Perdata 2023

Nareswary, Shintya Putri and Adhim, Nur and Sarono, Agus (2023) KEDUDUKAN HUKUM KREDITOR HAK TANGGUNGAN BOEDEL PAILIT TERHADAP SITA PERKARA PIDANA MENDAHULUI SITA UMUM PAILIT._060 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam jalannya eksekusi hak kreditor pemegang hak tanggungan selalu terdapat banyak permasalahan, terutama mengenai boedel pailit. Salah satunya adalah saat suatu perkara pidana bersinggungan dengan perkara kepailitan, akibatnya dilakukan sita pidana terhadap sita pailit secara umum. Padahal, boedel pailit sebelumnya telah dijaminkan dengan hak tanggungan kepada kreditor. Kemudian pemenuhan hak kreditor pemegang hak tanggungan menjadi terganggu terganggu karena penempatan sita pada objek yang sama oleh Polisi atau Kejaksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum dan mengalisis kedudukan hukum bagi kreditor hak tanggungan boedel pailit terhadap sita perkara pidana mendahului sita umum pailit. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan wawancara untuk mengklarifikasi dan memastikan kebenaran data sekunder serta sebagai pelengkap yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan hukum kreditor pemegang hak tanggungan lemah dengan arti belum mempunyai jaminan kepastian hukum saat eksekusi boedel pailit dengan sita perkara pidana, yang kemudian tidak akan ada pihak yang bisa mengeksekusi objek hak tanggungan sampai dikeluarkannya putusan yang berkekuatan hukum tetap. Apabila objek hak tanggungan memenuhi kriteria pada Pasal 39 ayat (1) huruf a atau huruf e KUHAP, dengan ini kreditor pemegang hak tanggungan kehilangan hak eksekutorialnya serta berubah menjadi kreditor konkuren. Pemenuhan hak eksekusi kreditor pemegang hak tanggungan pada perkara kepailitan sudah dilindungi oleh Pasal 21 Undang-Undang Nomor 4Tahun1996 dan Pasal 55 ayat(1) Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004.

KataKunci : Kepailitan,HakTanggungan,KedudukanHukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:22
Last Modified: 02 Nov 2023 02:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item View Item