Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) STUDI DI KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN KARO_066 Perdata 2023

PURBA, SHERINA BR and Silviana, Ana and Sukirno, Sukirno (2023) IMPLEMENTASI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) STUDI DI KECAMATAN PAYUNG KABUPATEN KARO_066 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Pasal 19 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria berbunyi untuk menjamin kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat secara adil dan merata, maka Pemerintah menyelenggarakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang merupakan kebijakan Pemerintah di bidang pertanahan sebagaimana diatur dalam Permen ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis implementasi program PTSL, apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat/kendala dalam Implementasi PTSL serta bagaimana cara mengatasinya di Kecamatan Payung Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan masalah yaitu yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Dalam hasil penelitian tersebut mempunyai 2 sub bab yaitu (1) Implementasi program PTSL di Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo; (2) Faktor penghambat/kendala serta upaya mengatasi dalam pelaksanaan PTSL. Implementasi PTSL di Desa Batukarang sudah menjalankan PTSL dengan baik dan sudah sesuai dengan standar sesuai dengan Permen ATR/BPN RI Nomor 6 Tahun 2018, walaupun dalam proses pelaksanaan ada beberapa hambatan/kendala. Kesimpulan yang peneliti ialah dalam pelaksanaan PTSL di Desa Batukarang dapat dilakukan lebih kondusif dan teratur jika komunikasi dan terjalin hubungan antara masyarakat Desa Batukarang dengan perangkat desa, petugas dan pemerintah dalam pelaksanaan PTSL tersebut.

Kata Kunci : implementasi, Pendaftaran tanah, PTSL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran tanah, PTSL
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:20
Last Modified: 30 Oct 2023 04:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17491

Actions (login required)

View Item View Item