Search for collections on Undip Repository

PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM PEMILIK HEWAN TERNAK SAPI TERHADAP PETANI JAGUNG ATAS KERUGIAN DISEBABKAN OLEH HEWAN TERNAK SAPI DI KABUPATEN BONE BOLANGO (Studi Kasus di Desa Suka Makmur)_069 Perdata 2023

DUWENTE, ARJUNA and Suharto, R. and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM PEMILIK HEWAN TERNAK SAPI TERHADAP PETANI JAGUNG ATAS KERUGIAN DISEBABKAN OLEH HEWAN TERNAK SAPI DI KABUPATEN BONE BOLANGO (Studi Kasus di Desa Suka Makmur)_069 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Kabupaten Bone Bolango khususnya Desa Suka Makmur jenis hewan ternak sapi merupakan salah satu pilihan yang paling banyak ambil dalam melakukan kegiatan beternak. Gaya pemeliharaan hewan ternak sapi yang tidak dalam kandang dianggap merupakan sebuah ancaman bagi para petani jagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami serta mendeskripsikan ada atau tidaknya pelanggaran norma hukum dalam pelaksanaan pengendalian hewan ternak sapi di Kabupaten Bone Bolango serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan pertanggungjawaban hukum pemilik hewan ternak sapi terhadap kerusakan dan kerugian akibat hewan ternak miliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan meneliti bahan atau jenis data primer, data sekunder dan data tersier. Hasil penelitian dan pembahasan menguraikan (1) dalam pelaksanaan penertiban hewan lepas di Kabupaten Bone Bolango, terdapat adanya pelanggaran norma hukum yang berlaku di masyarakat dan telah memenuhi unsur-unsur sebagai perbuatan melawan hukum, yaitu pada Pasal 1368 dan pada Pasal 2 ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Daerah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Penertiban Hewan Lepas di Kabupaten Bone Bolango,(2) dalam memperoleh pertanggungjawaban dari pemilik hewan ternak sapi, RA selaku petani jagung melakukan pengaduan kepada pemerintah Desa Suka Makmur melalui kepala dusun III Desa Suka Makmur sehingga para pihak diundang untuk melakukan musyawarah dan menghasilkan pengakuan dari KK selaku pemilik hewan ternak sapi bahwa kejadian tersebut merupakan kesalahannya karena mengikatkan tali sapi tidak terlalu kencang sehingga menimbulkan kerugian kepada RA selaku petani jagung, serta bersedia menanggung dan memberikan ganti rugi yang disepakati dalam musyawarah tersebut berupa bibit jagung sebanyak 10 kg (Varietas NK SUMO), paket pupuk Phonska dan Urea sebanyak 100 kg (masing-masing 50 kg) dan Uang Sewa sebesar Rp. 400.000.
Kata Kunci : Pertanggungjawaban Hukum, PMH, Hewan Ternak, Kerusakan, Kerugian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban Hukum, PMH, Hewan Ternak, Kerusakan, Kerugian.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:12
Last Modified: 27 Oct 2023 03:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item