Search for collections on Undip Repository

MEKANISME PEMBAHARUAN HAK ATAS TANAH DALAM HAL SUDAH HABIS MASA BERLAKUNYA (Studi Pada PT. PG Rajawali II Kabupaten Cirebon)_040 Perdata 2023

PRATAMA, FADHLI NUR and Adhim, Nur and Muhyidin, Muhyidin (2023) MEKANISME PEMBAHARUAN HAK ATAS TANAH DALAM HAL SUDAH HABIS MASA BERLAKUNYA (Studi Pada PT. PG Rajawali II Kabupaten Cirebon)_040 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembaharuan hak atas tanah adalah pemberian hak yang sama kepada pemegang hak atas tanah yang telah dimilikinya dengan hakguna usaha, hak guna bangunan, atau hak pakai setelah jangka waktu hak tersebut atau perpanjangannya habis. pembaharuan hak atas tanah ditinjau berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan, dan Hak Atas Tanah jo Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2021 tentang Hak Pengelolaan, Hak Atas Tanah, Satuan Rumah Susun dan Pendaftaran Tanah. adapun pembaharuan hak atas tanah dapat dilakukan oleh perorangan atau subjek badan hukum yang berkedudukan di Indonesia dan memenuhi persyaratan perolehan hak tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah yuridis empiris, yang melakukan pendekatan dengan penelitian lapangan yakni mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya berkenaan dengan mekanisme pembaharuan hak atas tanah dalam hal sudah habis masa berlakunya pada PT. PG Rajawali II Kabupaten Cirebon. Adapun pihak yang diwawancarai yaitu PT. PG Rajawali II dan Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian pada penulisanhukuminiadalahbahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Cirebon dalam menyelesaikan proses pembaharuan tidak sepenuhnya selesai dengan tengak waktu yang telah ditetapkan karena dihadapkan dengan beberapa kendala. PT. PG Rajawali II memiliki beberapa aset hak atas tanah yang dilekati dengan Hak Guna Bangunan dan telah habis masa berlakunya sehingga diperlukannya pembaharuan hak atas tanah terhadap aset yang dimiliki. Namun ditemuinya kendala dalam pemenuhan persyaratan pembaharuan hak atas tanah yang disebabkan karena adanya keberatan dari pihak masyarakat dan perangkat desa setempat.

Kata Kunci:Pembaharuan, HakAtas Tanah, Habis Masa Berlakunya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembaharuan, HakAtas Tanah, Habis Masa Berlakunya
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:17
Last Modified: 27 Oct 2023 03:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item