Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS GUGATAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN ANGSURAN KENDARAAN BERMOTOR (Suatu Studi Tentang Hak Kepemilikan Kendaraan Bermotor Roda Dua)_043 Perdata 2023

Oktaviani, Annisa and Suharto, R. and Adhi, Yuli Prasetyo (2023) ANALISIS YURIDIS GUGATAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN ANGSURAN KENDARAAN BERMOTOR (Suatu Studi Tentang Hak Kepemilikan Kendaraan Bermotor Roda Dua)_043 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Meningkatnya daya konsumsi masyarakat terhadap kendaraan sebagai kebutuhan primer, memaksa para pihak yaitu pembeli dan penjual mengadakan interaksi yang pada akhirnya melahirkan suatu hubungan hukum yaitu jual beli. Sering kali dalam pelaksanaanya jual beli memiliki konsekuensi adanya sengketa . Sengketa keperdataan di Indonesia merupakan suatu sengketa hukum yang lebih dominan dimasyatakat yang semakin meningkat ditiap tahunnya khususnya di wilayah Kabupaten Kudus.Jual beli kendaraan bermotor mengandung resiko adanya peralihan hak milik. Oleh karena itu jual beli yang beresiko tinggi sebaiknya dituangkan secara tertulis agar apa yang telah disepakati dalam perjanjian jual beli dapat dipahami dengan jelas dan rinci oleh para pihak Putusan Pengadilan Negeri Kudus No.41/Pdt/G/2021 atas gugatan perbuatan melawan hukum merupakan salah satunya. Putusan tersebut memiliki sengketa atas hak kepemilikan kendaraan bermotor roda dua. Permasalahan pada penulisan skripsi ini adalah pertama, bagaimana status kepemilikan terhadap kendaraan sepeda motor tersebut? Kedua, apakah Tergugat dalam perkara No. 41/Pdt.G/2021 PN Kds telah melakukan perbuatan melawan hukum?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis normatif dengan melakukan pendekatan Perundang-Undangan, pendekatan kasus, pendekatan konsep. Penelitian ini menggunakan sumber bahan hukum sekunder dengan teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi pustakaan serta menarik analisis secara deskriptif.

Kata Kunci: Jual beli, Perjanjian, Hak Milik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Perjanjian, Hak Milik
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:22
Last Modified: 27 Oct 2023 03:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item