Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS GANTI KERUGIAN PENGADAAN TANAH YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI WATES NOMOR 71/PDT.G/2016/PN.WAT)_047 Perdata 2023

Kaswara, Salsabila and Dewi, IGA. Gangga Santi and Mas’ut, Mas’ut (2023) TINJAUAN YURIDIS GANTI KERUGIAN PENGADAAN TANAH YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI WATES NOMOR 71/PDT.G/2016/PN.WAT)_047 Perdata 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum merupakan kegiatan untuk memperoleh tanah dengan cara memberikan ganti kerugian yang layak kepada pihak yang melepaskan tanah, bangunan, tanaman, dan benda-benda yang berkaitan dengantanah. Tanah untuk kepentingan umum digunakan untuk pembangunan bandar udara, pelabuhan, jalan umum, jalan tol, jalurkeretaapi, terminal, dan fasilitas umum. Kegiatan ini sering menimbulkan masalah di masyarakat, dimana sengketa pengadaan tanah untuk kepentingan umum seringkali diakibatkan oleh ketidaksepakatan atas penetapan harga ganti rugi. Tujuan penulisan hukum ini mengetahui tentang prosedur ganti kerugian pengadaan tanah Yogyakarta International Airport di Daerah Istimewa Yogyakarta dan dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara pada putusan Pengadilan Negeri Wates Nomor 71/Pdt.G/2016/PN.Wat. Putusan tersebut berisi Tuan Suyanto menggugat Kepala Kanwil Badan Pertanahan nasional Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT. Angkasa Pura I dikarenakan usaha tambak yang dimiliki Suyanto tidak mendapatkan ganti kerugian atas pembangunan Yogyakarta International Airport. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis normatif, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan wawancara, dan metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan prosedur ganti kerugian pengadaan tanah Yogyakarta International Airport melalui beberapa langkah yaitu inventarisasi dan identifikasi, penilaian ganti kerugian, musyawarah ganti kerugian, dan pemberian ganti kerugian sesuai dengan apa yang diatur dalamUndang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Hakim dalam memutus perkara putusan Pengadilan Negeri Wates Nomor 71/Pdt.G/2016/PN.Wat telah memperhatikan pertimbangan-pertimbangan sesuai apa yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan telah memenuhi asas keadilan dimana merupakan salah satu aspek utama dalam suatu putusan pengadilan.
kata Kunci :Pengadaan Tanah, GantiKerugian, Pertimbangan Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Tanah, GantiKerugian, Pertimbangan Hakim.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:09
Last Modified: 26 Oct 2023 04:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17423

Actions (login required)

View Item View Item