Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI COMPANY PROFILE DIGITAL DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN STAKEHOLDER EKSTERNAL

Syaferi, Nabilla Fasha (2023) PRODUKSI COMPANY PROFILE DIGITAL DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN STAKEHOLDER EKSTERNAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
cover_Nabilla Fasha Syaferi.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
telah banyak berkontribusi dalam memajukan DIY di bidang komunikasi dan persandian.
Pencapaian yang diraih Dinas Kominfo DIY mendorong pemangku kepentingan eksternal
untuk mengajukan kunjungan kerja. Jumlah kunjungan yang dilaksanakan tahun 2022 pun
mencapai 47 kunjungan, sedangkan pada tahun 2023 didapati 17 pemangku kepentingan
eksternal yang telah menyambangi kantor Dinas Kominfo DIY. Dengan jumlah kunjungan
kerja yang tinggi, media informasi sangat diperlukan dalam menyokong pelaksanaan
kunjungan kerja. Dinas Kominfo DIY didapati masih terkendala dalam penyajian media
informasi yang efektif dan efisien dari segi pembuatan dan penggunaannya. Melihat
urgensi Dinas Kominfo DIY yang belum memiliki media informasi yang efektif, maka tugas
akhir ini bertujuan untuk memproduksi media informasi berupa company profile digital
yang menghimpun seluruh informasi penting instansi dengan tampilan yang profesional.
Company profile digital yang diproduksi tak hanya ditujukan untuk kunjungan kerja, tapi
bisa juga dialokasikan kepada pemangku kepentingan eksternal dengan kepentingan lain
yang masih relevan dengan pemakaian layanan dan fasilitas dari Dinas Kominfo DIY.
Penciptaan karya tugas akhir mengacu pada teori design thinking oleh Ford, yang dibagi
lagi menjadi tahap pra produksi, produksi, dan pra produksi. Karya yang telah disetujui
oleh pihak terkait diunggah ke media sosial resmi milik Dinas Kominfo DIY sebagai upaya
pengenalan media informasi kepada publik pada tanggal 24 September 2023 dengan
keseluruhan jangkauan yang mencapai total 2.079 pengguna Instagram, Twitter, dan
Facebook serta 77 pengunjung tautan company profile digital.
Kata Kunci: company profile digital, pemerintah, stakeholder eksternal, media informasi,
Dinas Kominfo DIY

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: company profile digital, pemerintah, stakeholder eksternal, media informasi, Dinas Kominfo DIY
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:43
Last Modified: 24 Oct 2023 06:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

View Item View Item