Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN KARYA INTELEKTUAL BATIK CIPRAT OLEH PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF DI TEMANGGUNG_168 Dagang 2023

Vidya, Annasai Naura and Santoso, Budi and Njatrijani, Rinitami (2023) PERLINDUNGAN KARYA INTELEKTUAL BATIK CIPRAT OLEH PELAKU USAHA EKONOMI KREATIF DI TEMANGGUNG_168 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin tingginya tuntutan konsumen untuk menghasikan kualitas produk yang dihasilkan di tengah derasnya arus perdagangan bebas ini semakin memacu fenomena pekembangan teknologi yang mendukung kebutuhan tersebut.Seiring dengan hal tersebut, hak kekayaan intelektual memegang peran yang penting dalam mendukung perkembangan teknologi yang kiranya telah semakin disadari.Hal tersebut tercermin dengan semakin meningginya tingkat kesadaran pemerintah bahwa implementasi sistem hak kekayaan intelektual merupakan suatu tugas besar.
Pada dasarnya, perlindungan hak kekayaan intelektual, khususnya hak cipta meliputi tiga hal yaitu setiap hasil karya cipta di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra seni.Batik merupakan salah satu contoh karya seni yang telah menjadi kekayaan budaya bangsa Indonesia.Hal tersebut menjadikan batik sebagai salah satu objek hak cipta yang sudah sewajarnya perlu mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum atas penggunaan karya intelektual produk batik sebagai salah satu objek perlindungan Hak Cipta menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini ialah yuridis empiris.Sedangkan spesifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis.Jeni dan metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan menggunakan data primer dan sekunder.Data primer diperoleh secara langsung di lapangan melalui teknik wawancara, dan data sekunder meliputi bahan hukum primer dan sekunder.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan hukum yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan selaku Pembina UKM Batik di Kabupaten Temanggung dilakukan dengan cara mengadakan pelatihan batik mulai dari dasar hingga lanjutan, selain itu Pemkab Temanggung juga berusaha untuk memfasilitasi dan mendampingi pengajuan perlindungan hak kekayaan intelektual mereka, baik merek maupun hak ciptanya.
Kata kunci: Hak Kekayaan Intelektual, Hak Cipta, Batik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:26
Last Modified: 25 Oct 2023 04:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item