Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL ASING “ALEXANDER McQUEEN” TERHADAP MEREK TERDAFTAR “MC QUEEN” YANG MEMILIKI PERSAMAAN PADA POKOKNYA (STUDI KASUS PUTUSAN PN NOMOR 04/PDT.SUS-MEREK/2019/PN.NIAGA.JKT.PST)_169 Dagang 2023

UTAMI, ADINDA KRIDA and Santoso, Budi and Irawati, Irawati (2023) PERLINDUNGAN HUKUM MEREK TERKENAL ASING “ALEXANDER McQUEEN” TERHADAP MEREK TERDAFTAR “MC QUEEN” YANG MEMILIKI PERSAMAAN PADA POKOKNYA (STUDI KASUS PUTUSAN PN NOMOR 04/PDT.SUS-MEREK/2019/PN.NIAGA.JKT.PST)_169 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilik merek terkenal di bidang fashion “ALEXANDER McQUEEN” melayangkan gugatan pembatalan merek terhadap merek terdaftar “MC QUEEN” dalam perkara Nomor 04/Pdt.Sus-Merek/2019/PN.Niaga.Jkt.Pst, karena terdapat unsur persamaan pada pokoknya dengan merek terkenal asing “ALEXANDER McQUEEN”. Sebagai pemilik merek yang sah atas merek “ALEXANDER McQUEEN” tentu merasa dirugikan dan memerlukan perlindungan hukum atas merek terkenal yang mereknya ditiru atau dibonceng reputasinya oleh pelaku usaha lain serta perlu ditinjau bagaimana akibat hukum terhadap putusan Hakim terhadap perkara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis-normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu peraturan hukum yang berlaku dan literatur hukum, serta nantinya akan dielaborasikan dengan teori hukum maupun pendapat para ahli. Mengenai hasil akhir dari penelitian ini diperoleh bahwa perlindungan hukum bagi pemilik merek terkenal asing “ALEXANDER McQUEEN” didapat setelah merek tersebut terdaftar dalam Daftar Umum Merek. Sementara itu, dengan sistem first to file yang dianut di Indonesia mengakibatkan pemilik merek yang mendaftarkan mereknya pertama kali akan mendapat sebuah hak dan perlindungan hukum. Dengan demikian, merek terkenal asing “ALEXANDER McQUEEN” berhak mendapatkan perlindungan hukum tersebut. Selanjutnya berdasarkan bukti-bukti yang ada, merek “ALEXANDER McQUEEN” terbukti masuk kategori merek terkenal. Kemudian akibat hukum dari putusan hakim yang dilihat dari aspek persamaan pada pokoknya menimbulkan akibat bahwa merek terdaftar “MC QUEEN” milik Tergugat dibatalkan dari Daftar Umum Merek dan berakhir pula perlindungan hukum pada merek terdaftar “MC QUEEN”.
Kata Kunci: Perlindungan hukum, Merek Terkenal, Persamaan pada Pokoknya, dan Akibat Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, Merek Terkenal, Persamaan pada Pokoknya, dan Akibat Hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:31
Last Modified: 26 Oct 2023 03:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17350

Actions (login required)

View Item View Item