Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI CENDERAMATA KHAS DAERAH TUJUAN WISATA CANDI GEDONG SONGO KABUPATEN SEMARANG

YUNANDA, AIRIL RIZKY (2023) PRODUKSI CENDERAMATA KHAS DAERAH TUJUAN WISATA CANDI GEDONG SONGO KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover_Airil Rizky Yunanda.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Public relations memiliki peran penting dalam setiap industri termasuk industri
pariwisata. Public relations Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang bertanggung jawab
memproduksi dan mengelola media public relations untuk daerah tujuan wisata (DTW),
salah satunya untuk DTW Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo merupakan DTW
unggulan yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo
memiliki daya tarik kumpulan bangunan candi berserajah yang memiliki suasana sejuk
karena terletak di Lereng Gunung Ungaran. Selain itu, wisatawan dapat melakukan
berbagai kegiatan lain seperi berkuda, berendam di kolam rendam air panas alami,
berkemah, berfoto dengan latar belakang pegunungan, dan lain sebagainya. Dengan
berbagi daya tarik yang dimiliki, DTW Candi Gedong Songo mempunyai potensi
wisatawan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun Candi Gedong Songo belum
memiliki cenderamata khas yang mampu merepresentasikan daya tariknya dan
melengkapi praktik public relations yang dilakukan pengelola. Pada hakikatnya
cenderamata adalah bagian penting dari destinasi wisata karena dapat menjadi media
public relations yang efektif, karena memiliki kapasitas sebagai media promosi dan
meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu pengelola harus mengoptimalkan
produksi cenderamata khas DTW Candi Gedong Songo. Proses produksi cenderamata
melalui tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Cenderamata yang diproduksi
meliputi kaos, tote bag, bucket hat, gantungan kunci, dan tumbler yang memuat brand
identity berupa logo. Karya cenderamata diharapkan mampu merepresentasikan daya
tarik Candi Gedong Songo dan menjadi media public relations yang efektif dalam
mempromosikan wisata, memperkuat branding dan meningkatkan brand awareness
DTW Candi Gedong Songo.
Kata kunci : Media Public Relations, Candi Gedong Songo, Cenderamata, Promosi,
Brand Awareness

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Public Relations, Candi Gedong Songo, Cenderamata, Promosi, Brand Awareness
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:05
Last Modified: 23 Oct 2023 07:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item