Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN MERCHANDISE KIT SEBAGAI SARANA PROMOSI KANAL PENGADUAN DAN ASPIRASI SAPA MBAK ITA (POSISI KERJA: EDITOR DAN DESIGNER)

ROFIQI, MUHAMMAD HAINUR (2023) PRODUKSI VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DAN MERCHANDISE KIT SEBAGAI SARANA PROMOSI KANAL PENGADUAN DAN ASPIRASI SAPA MBAK ITA (POSISI KERJA: EDITOR DAN DESIGNER). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Muhammad Hainur Rofiqi.pdf - Published Version

Download (365kB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah
dalam melayani masyarakat (Government to Citizen) dengan menyesuaikan perkembangan
zaman yang berbasis digital maka informasi dan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah
tidak lagi harus mendatangi secara fisik ke kantor pemerintahan, dengan itu dibutuhkannya
kanal atau aplikasi layanan publik untuk masyarakat dalam hal ini di kota Semarang.
Pemanfaatan Government to Citizen (G2C) melalui e-Government di kota Semarang adalah
dengan adanya aplikasi SAPA MBAK ITA. SAPA MBAK ITA merupakan Kanal Pengaduan
dan Aspirasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Semarang yang diresmikan pada tanggal 17
Desember 2022 menggantikan LAPOR HENDI. Berdasarkan data pada bulan Desember
2022 terdapat jumlah laporan yang menunjukkan angka di bawah rata-rata jika disesuaikan
dengan jumlah laporan tahunan pada 2022 dikarenakan hal tersebut akibat dari masyarakat
yang belum mengetahui keberadaan Kanal SAPA MBAK ITA, sehingga penurunan data
laporan ini bukan menjadi hal positif seperti berkurangnya laporan masyarakat kepada
pemerintah, melainkan belum mengenalnya masyarakat akan keberadaan kanal lapor
pengganti LAPOR HENDI yakni SAPA MBAK ITA. Dapat disimpulkan bahwasannya
masyarakat kota Semarang belum mengetahui akan kanal SAPA MBAK ITA maka penulis
melakukan project Tugas Akhir ini untuk memperkenalkan atau mempromosikan SAPA
MBAK ITA kepada masyarakat kota Semarang sehingga masyarakat dapat kembali
melaporkan aduannya atau menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Selain itu juga
berdasarkan kajian penulisan terdahulu menunjukkan bahwasannya LAPOR HENDI berjalan
kurang optimal sehingga diperlukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut agar dapat
memberikan hasil yang lebih maksimal sesuai yang ditargetkan sehingga menimbulkan citra
positif kepada masyarakat Kota Semarang melalui aplikasi terbaru yakni SAPA MBAK ITA
melalui video iklan layanan masyarakat dan merchandise kit sarana promosi. Penyusunan
Tugas Akhir ini menggunakan metode pengkaryaan kualitatif dengan tahapan pra produksi,
produksi, dan pasca produksi. Hasil penyusunan Tugas Akhir berupa lima video iklan
layanan masyarakat dan lima merchandise kit.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Government to Citizen (G2C), SAPA MBAK ITA, Sarana
Promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Government to Citizen (G2C), SAPA MBAK ITA, Sarana Promosi.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:29
Last Modified: 24 Oct 2023 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item