Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENERIMAAN VAKSINASI HPV PADA ORANG TUA SISWI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMBANG 1

RACHMANINGRUM, ADHISSA PUTRI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENERIMAAN VAKSINASI HPV PADA ORANG TUA SISWI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS REMBANG 1. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ADHISSA.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Salah satu upaya pencegahan yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kasus kanker serviks yaitu dengan melakukan pencegahan primer melalui vaksinasi HPV. Vaksinasi HPV telah menjadi program vaksinasi wajib yang dibiayai oleh pemerintah dan dilakukan bersamaan dengan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan sasaran siswi perempuan kelas 5 dan 6 sekolah dasar. Orang tua berperan penting dalam pemberian vaksinasi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku penerimaan vaksinasi HPV pada orang tua siswi sekolah dasar di wilayah kerja puskesmas rembang 1. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analitik dengan desain studi cross-sectional. Populasi penelitian adalah orang tua siswi kelas 5 dan 6 yang ditentukan berdasarkan jumlah peserta didik di sekolah yang terpilih di wilayah kerja Puskesmas Rembang 1 dengan jumlah sampel 73 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan kemudian dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan (p=0,001), tingkat pengetahuan (p=0,000), dan sikap (p=0,008) terhadap perilaku penerimaan vaksinasi HPV pada orang tua siswi. Sementara itu, tidak terdapat hubungan antara status pekerjaan (p=0,061), riwayat penyakit kanker pada keluarga (p=0,394), dukungan guru (p=0,570) dan dukungan tenaga kesehatan (0,765) terhadap perilaku penerimaan vaksinasi HPV pada orang tua siswi. Edukasi mengenai pentingnya vaksinasi HPV sebaiknya terus diberikan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua sebagai salah satu dorongan untuk memberikan persetujuan dalam memberikan vaksinasi HPV pada anaknya sehingga dapat mengurangi beban penyakit yang terkait dengan infeksi HPV dalam jangka panjang.

Keywords : Kanker Serviks, Vaksinasi HPV, Orang Tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:11
Last Modified: 20 Oct 2023 07:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17281

Actions (login required)

View Item View Item