Search for collections on Undip Repository

Determinan Green Purchase Intention Pada Konsumen Produk Kosmetik di Kota Batam

Manalu, Florence Aletta (2023) Determinan Green Purchase Intention Pada Konsumen Produk Kosmetik di Kota Batam. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Semakin meningkatnya kepedulian masyarakat akan penampilan mendorong pula
terjadinya peningkatan permintaan terhadap produk kosmetik. Produk kosmetik
yang terdiri dari berbagai jenis dan kegunaan berasal dari berbagai bahan baku
(kimia dan alami) serta menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang dan tidak.
Konsumen produk kosmetik juga merupakan salah satu penyumbang peningkatan
jumlah sampah plastik berbagai negara. Disamping itu juga masih ditemukan
produk-produk kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh Lifestyle of Health and Sustainability (LOHAS), Green
Advertising, Perceived Consumer Effectiveness terhadap Green Purchase
Intention secara langsung ataupun melalui Green Attitude. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 280 orang pengguna kosmetik di Kota Batam. Teknik
analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM dengan alat statistik
SMART PLS. Berdasarkan hasil pengujian signifikansi parsial ditemukan bahwa
Green Advertising, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Green
Purchase Intention. Berdasarkan hasil pengujian mediasi ditemukan bahwa
variabel Green Attitude mampu memediasi pengaruh LOHAS terhadap Green
Purchase Intention. Penelitian ini melanjutkan pengimplementasian TPB (Theory
of Planned Behavior) dalam upaya menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi minat beli terhadap produk kosmetik hijau pada masayarakat di
Kota Batam. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi platform
perusahaan kosmetik dapat mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi minat beli hijau sehingga dapat memberikan kontribusi kepada
perusahaan dalam mengembangkan produknya khususnya dalam hal bahan baku
produk dan kemasan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan
pendekatan kualitatif untuk mengetahui penilaian secara lebih mendalam terkait
variabel penelitian dan pola pengaruh dari setiap variabel penelitian. Selain itu,
penelitian selanjutnya juga disarankan untuk dilaksanakan di berbagai kota
lainnya dengan karakteristik demografi penduduk yang berbeda. Penelitian
selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian terhadap satu produk saja agar
dapat mengetahui secara spesifik terkait perilaku konsumen pada brand produk
tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:36
Last Modified: 19 Oct 2023 04:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17263

Actions (login required)

View Item View Item