Anjani, Callula Carissa (2023) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS JASA PENGIRIMAN PAKET POS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT. POS INDONESIA KANTOR CABANG ERLANGGA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
S_Callula Carissa Anjani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB I_Callula Carissa Anjani.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text
COVER_Callula Carissa Anjani.pdf - Published Version Download (448kB) |
|
Text
DAPUS_Callula Carissa Anjani.pdf - Published Version Download (195kB) |
Abstract
PT Pos Indonesia adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
yang bergerak pada bidang jasa kurir, logistik dan transaksi keuangan yang telah
menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia. Dalam memberikan layanan
pengiriman paket kepada konsumen, kehandalan menjadi salah satu fokus
perusahaan dalam memuaskan konsumen. Kehandalan yang diberikan setiap
perusahaan jasa pengiriman yaitu berupa ketepatan waktu pengiriman dan kondisi
paket tanpa kerusakan. Tapi pada kenyataannya Kantor Pos Cabang Erlangga
masih banyak kesalahan (defect) atau penyimpangan. Oleh karena itu, terdapat
konsumen yang masih kurang puas dan persepsi calon konsumen menjadi kurang
berminat menggunakan jasa pengiriman pos. Upaya mengurangi variasi defect
pada proses pengiriman paket pos maka dilakukan pengendalian kualitas dengan
metode six sigma menggunakan tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze,
Improve, Control). Hasil penelitian menunjukkan pada tahap define ditemukan 13
defect pengiriman paket pos. kemudian Pengukuran Defect Per Million
Opportunity (DPMO) sebesar 12088 dari 1.000.000 kali kesempatan sedangkan
level sigma diperoleh 3,754 memiliki arti bahwa perusahaan memiliki level 3σ.
Sehingga masih perlu adanya perbaikan dalam mengurangi defect. Ditemukan
lima masalah utama pada diagram pareto yaitu belum diterima barang, salah serah
penyerahan barang, salah salur penyaluran barang, kiriman rusak dan
keterlambatan pengiriman. Penyebab utama adalah human error dan fasilitas
kurang memadai. Usulan perbaikan yang dapat diberikan kepada manager per
bagian Kantor Pos Cabang Erlangga dengan memberikan teguran dan evaluasi
langsung ketika terjadi kesalahan kepada karyawan, membuat intruksi kerja kurir
Kantor Pos Cabang Erlangga, memberi label nama kota pada setiap rak
penyortiran, rak beroda, serta pembaharuan peralatan kerja yang sudah tua dan
tidak layak pakai.
Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Pengiriman Paket, Defect, Six Sigma
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Kualitas, Pengiriman Paket, Defect, Six Sigma |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 03:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 03:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17252 |
Actions (login required)
View Item |