Search for collections on Undip Repository

NYAI PESANTREN DAN PENGARUH POLITIKNYA DI PILKADA (Studi Kasus Kemenangan Pasangan Cabup Fandi Akhmad Yani Dan Cawabup Nyai Aminatun Habibah Pada Pilkada Kabupaten Gresik Tahun 2020)

Akmaliah, Safara (2023) NYAI PESANTREN DAN PENGARUH POLITIKNYA DI PILKADA (Studi Kasus Kemenangan Pasangan Cabup Fandi Akhmad Yani Dan Cawabup Nyai Aminatun Habibah Pada Pilkada Kabupaten Gresik Tahun 2020). Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
0. COVER (1).pdf

Download (350kB)
[img] Text
1. BAB I (1).pdf

Download (438kB)
[img] Text
2. BAB II (1).pdf

Download (277kB)
[img] Text
3. BAB III (1).pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. BAB IV (1).pdf

Download (456kB)
[img] Text
5. BAB V (1).pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini fokus mengkaji pengaruh politik nyai pesantren pada Pilkada Gresik tahun 2020 yang berkontribusi terhadap kemenangan paslon Fandi AkhmadYani (Gus Yani)-Aminatun Habibah (Bu Min). Fokus studi kasus penelitian mencakup rekrutmen politik nyai pesantren yakni Bu Min sebagai Cawabup, praktik patronase politik yang dijalankan oleh nyai pesantren, dan pengaruh politik nyai pesantren di tengah perseteruan politik memperebutkan dukungan pemilih santri dan pemilih perempuan. Dalam mengkaji studi kasus tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif dan ditunjang sumber dari hasil wawancara dengan 14 informan dan sumber sekunder dokumen pemerintahan serta literatur yang relevan. Teori rekrutmen politik, patronase, dan gender digunakan sebagai pisau analisis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa rekrutmen politik nyai pesantren sebagai Cawabup berpijak pada realitas historis-politis Pilkada Gresik yang didominasi kekuatan politik santri dan pada Pilkada Gresik tahun 2020 jumlah pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan pemilih laki-laki. Oleh karena itu, nyai pesantren diberikan tugas untuk berkampanye di kalangan santri dan perempuan. Relasi patronase tidak hanya dijalin karena hubungan nyai pesantren dengan santri dan alumni santri. Tetapi juga dirajut dengan menggunakan instrumen berupa distribusi tawaran program kerja unggulan yang berpihak kepada santri dan perempuan. Jalinan relasi patronase antara nyai pesantren dengan santri, alumni santri, dan pemilih perempuan yang kuat pada gilirannya sukses mengunci dukungan kedua segmen pemilih tersebut sehingga paslon Gus Yani-Bu Min berhasil keluar sebagai pemenang Pilkada Gresik tahun 2020.

Kata Kunci: Pilkada, Patronase, Nyai Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 06 Nov 2023 09:12
Last Modified: 06 Nov 2023 09:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17233

Actions (login required)

View Item View Item