Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY GENERASI Z DENGAN DIMEDIASI OLEH VALUE CONGRUITY DAN BRAND ATTACHMENT (Studi pada Casual Dining Restaurant – Western Food di Kota Semarang)

SUBAGYO, Cynthia Priscilla (2023) ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY GENERASI Z DENGAN DIMEDIASI OLEH VALUE CONGRUITY DAN BRAND ATTACHMENT (Studi pada Casual Dining Restaurant – Western Food di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119120017.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119120017.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119120017.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi____12010119120017.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119120017.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119120017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setiap generasi memiliki keunikannya masing - masing, termasuk pula
dalam hal pola perilaku konsumsinya. Generasi Z adalah mereka yang lahir pada
rentang tahun 1995 - 2010, dan merupakan generasi yang akan menjadi konsumen
terbesar dalam beberapa waktu ke depan. Gen Z ini memiliki perilaku berbeda dari
generasi lainnya, dimana mereka memiliki kebiasaan makan di luar. Sejalan dengan
itu jumlah restoran casual dining – western food juga menunjukkan peningkatan
jumlah di pasaran. Namun ternyata peningkatan jumlah ini seringkali tidak diikuti
pula dengan peningkatan loyalitas dari konsumen restoran mereka, yang pada
akhirnya membuat restoran ini harus gulung tikar meskipun permintaan akan
restoran sejenis ini tinggi. Sejalan dengan adanya fenomena bisnis ini, ditemukan
pula inkonsistensi pada penelitian terdahulu terkait dengan pengaruh experiential
quality terhadap customer loyalty. Berdasarkan pada fenomena bisnis dan
kesenjangan pada penelitian terdahulu, maka penelitian ini bertujuan untuk
mengatasi kesenjangan antara experiential quality terhadap customer loyalty
Generasi Z pada restoran casual dining – western food di Kota Semarang, melalui
value congruity dan brand attachment.
Konsep model kerangka penelitian yang dikembangkan antara experiential
quality, value congruity, brand attachment, dan customer loyalty berlandaskan pada
teori self – congruence dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya sebagai
pendukung. Pengambilan data dalam penelitian ini melibatkan 252 responden
dengan metode kuesioner yang terdiri atas pernyataan terbuka dan tertutup, serta
dilakukan secara daring. Kriteria yang wajib dipenuhi oleh responden pada
penelitian ini adalah mereka yang tergolong dalam Generasi Z dan sudah pernah
setidaknya satu kali bersantap pada restoran casual dining – western food di Kota
Semarang. Hasil dari jawaban kuesioner yang sudah terkumpul diolah dan
dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode SEM (Stuctural
Equation Modelling) dengan menggunakan alat bantu, yaitu program AMOS
(Analysis Moment of Structural) 24.
Temuan pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terdapat pengaruh
positif yang signifikan dari value congruity terhadap customer loyalty, yang
memperkuat hubungan antara experiential quality dan customer loyalty.
Experiential quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap value congruity,
kemudian value congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer
loyalty, value congruity juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand
attachment. Namun terdapat penolakan hipotesis, dimana brand attachment tidak
berpengaruh dan tidak signifikan terhadap customer loyalty. Hasil implikasi
manajerial dalam penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para manajemen
restoran casual dining – western food dalam menambah wawasan, melakukan
inovasi dan strategi baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Experiential Quality, Value Congruity, Brand Attachment, Customer Loyalty
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:38
Last Modified: 18 Oct 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item