Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK RESPONDEN DAN LITERASI KESEHATAN DIGITAL TERHADAP STATUS VAKSINASI BOOSTER COVID-19 PADA PRA LANSIA DI PUSKESMAS PADANGSARI SEMARANG

HIDAYAH, ANIS MARHA (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK RESPONDEN DAN LITERASI KESEHATAN DIGITAL TERHADAP STATUS VAKSINASI BOOSTER COVID-19 PADA PRA LANSIA DI PUSKESMAS PADANGSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANIS MARHA.pdf - Published Version

Download (494kB)

Abstract

Latar belakang: Literasi kesehatan digital merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status vaksinasi booster COVID-19 di masa pandemi yang serba daring (dalam jaringan). Kelompok pra Lansia termasuk dalam risiko penyakit COVID-19 dan memiliki tingkat penetrasi internet yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara karakteristik pra lansia dan literasi digital terhadap status vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Padangsari, Semarang. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan wawancara terpimpin. Data di analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi logistik berganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden didominasi oleh perempuan (58%), berstatus pendidikan lanjut (79%), tinggal bersama pasangan (76%), memiliki pendapatan tinggi (73%), memiliki literasi digital yang baik (62%), memiliki persepsi kerentanan baik (67%); persepsi keparahan baik (55%); persepsi manfaat baik (66%); persepsi hambatan kecil (66%); dan isyarat bertindak baik (53%). Hasil regresi logistik menunjukkan bahwa persepsi hambatan cenderung 1.58 kali lebih besar untuk meningkatkan status vaksin booster COVID-19 (OR=0.630). Kesimpulan: Status vaksinasi booster COVID-19 pada pra lansia dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, living arrangement, tingkat pendapatan, literasi kesehatan digital, persepsi kerentanan; keparahan; manfaat; hambatan dan isyarat bertindak. Variabel jenis kelamin tidak siginifikan mempengaruhi status vaksinasi booster COVID-19 pada pra lansia.

Kata Kunci : Pra Lansia, Literasi Kesehatan Digital, Vaksinasi Booster, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:52
Last Modified: 18 Oct 2023 04:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item