Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ELEKTRONIK MULUT KE MULUT, EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PRODUK KOLABORASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Produk Kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC)

ISKANDAR, Nurlita Rahma (2023) PENGARUH ELEKTRONIK MULUT KE MULUT, EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PRODUK KOLABORASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Produk Kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130204.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130204.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130204.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130204.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130204.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini persaingan pada industri kosmetik semakin ketat, sehingga menjadi
sebuah tantangan bagi para pemilik industri di bidang tersebut. Kosmetik telah
menjadi salah satu bagian dari kebutuhan manusia, karena digunakan untuk
menunjang penampilan hingga perawatan kulit. Dengan meningkatnya permintaan
pasar akan produk kosmetik, pemilik bisnis kosmetik dituntut untuk dapat
mengembangkan strategi dan teknologi yang sangat berguna dalam memproduksi
kosmetik yang lebih praktis dan inovatif. Dear Me Beauty merupakan brand
kosmetik asal Indonesia yang melakukan kolaborasi dengan beberapa brand lain
sebagai strategi untuk produknya. Kolaborasi yang pernah dilakukan antara lain
dengan brand Yupi, Sasa, Nissin, Snoopy, Sociolla hingga KFC. Kolaborasi
bersama KFC (Kentucky Fried Chicken) merupakan kolaborasi terakhir dari Dear
Me Beauty. Berdasarkan data ditemukan bahwa produk yang melakukan kolaborasi
paling menarik adalah kolaborasi dengan selebriti. Selain itu, keinginan konsumen
untuk membeli produk kecantikan pada produk kolaborasi masih terbilang rendah.
Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Co-Branded
Products melalui Elektonik Mulut Ke Mulut (eWOM), Ekuitas Merek Berbasis
Pelanggan (CBBE) dan Citra Merek serta pengaruhnya terhadap Purchase
Intention konsumen. Pada penelitian ini terdapat sampel sejumlah 153 responden
dengan menggunakan metode Non probability sampling sebagai acuan
penelitiannya dan kuesioner online sebagai metode pengumpulan data. Metode
Non probability sampling digunakan pada penelitian ini agar responden yang
berkontribusi pada penelitian memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
Kemudian, data yang diperoleh dari kuesioner online diolah menggunakan software
SPSS dan AMOS 24 dan terdapat 7 hipotesis yang diuji menggunakan metode
structural equation model (SEM).
Penelitian ini menunjukkan bahwa Elektonik Mulut Ke Mulut (eWOM) dari
konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Co-Branding. Kemudian,
Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE), Citra Merek dan Co-Branding (Dear
Me Beauty dan KFC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase
Intention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth (eWOM), Customer-Based Brand Equity (CBBE), Brand Image, Co-Branding dan Purchase Intention
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:54
Last Modified: 18 Oct 2023 03:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17219

Actions (login required)

View Item View Item