Search for collections on Undip Repository

ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PPP TEGALSARI, JAWA TENGAH (22p340)

MUNAWAROH, SITI (2022) ANALISIS POLA DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) DI PPP TEGALSARI, JAWA TENGAH (22p340). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Cover Siti Munawaroh 22p340.pdf

Download (447kB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Munawaroh (26030118130104). Analisis Pola Distribusi dan Margin
Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di Pelabuhan
Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Jawa Tengah. (Dian Wijayanto dan Agus
Suherman).
Perairan Kota Tegal mempunyai kekayaan sumber daya perikanan dengan hasil
tangkapan ikan dominan dan bernilai ekonomis tinggi, salah satunya yaitu ikan
tongkol (Euthynnus affinis). Pemasaran harus dilakukan sebaik mungkin untuk
menghasilkan harga jual yang sesuai dan tidak mengakibatkan kerugian. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis pola distribusi saluran pemasaran dan
menganalisis margin pemasaran, fisherman’s share, serta efisiensi pemasaran ikan
tongkol (Euthynnus affinis). Metode dalam penelitian adalah metode deskriptif
dengan metode pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh
dengan wawancara, sedangkan data sekunder dengan mencatat hasil dari laporan
yang terdapat di PPP Tegalsari. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara berbasis
kuesioner. Responden ditentukan menggunakan metode snowball sampling.
Wawancara dilakukan pada 130 responden yang terdiri dari nelayan gill net,
pedagang ikan skala besar, menengah, dan kecil. Analisis yang digunakan adalah
analisis pendapatan usaha, R/C Ratio, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, dan
fisherman’s share. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat 4 pola distribusi
saluran pemasaran ikan tongkol (Euthynnus affinis). Total nilai margin pemasaran
pada pola distribusi saluran pemasaran 1 - 4 adalah sebesar Rp 8.443,00 - Rp
16.033,00 dan diperoleh presentase margin pemasaran sebesar 55% - 70%. Nilai
presentase fisherman’s share sebesar 30% - 45%. Hubungan besarnya nilai margin
pemasaran dengan nilai fisherman’s share yaitu tidak berbanding lurus. Nilai
efisiensi pemasaran dari pola distribusi saluran pemasaran 1 – 4 sebesar 0,02 - 0,05.
Berdasarkan hasil, dapat diketahui bahwa secara keseluruhan pemasaran ikan
tongkol (Euthynnus affinis) di PPP Tegalsari tergolong efisien karena besarnya nilai
efisiensi pemasaran pada masing-masing pelaku pemasaran < 1.
Kata Kunci: Ikan Tongkol, Margin Pemasaran, PPP Tegalsari, Saluran Pemasaran.

ABSTRACT
Siti Munawaroh (26030118130104). Analysis of Distribution Patterns and
Marketing Margins of Indian mackerel (Euthynnus affinis) Catches in CFP
Tegalsari, Central Java. (Dian Wijayanto and Agus Suherman).
The waters of Tegal City have a wealth of fishery resources with dominant fish
catches and high economic value, one of which is Indian mackerel (Euthynnus
affinis). Marketing must be done as well as possible, with good marketing it will
produce an appropriate selling price and not result in losses. The purpose of this
study was to determine the distribution pattern of marketing channels and analyze
marketing margins, fisherman’s share, and marketing efficiency of Indian mackerel
(Euthynnus affinis). The method used in the research was descriptive method with
primary and secondary data collection methods. Primary data of this study were
obtained through interview method, while the secondary data were collected from
the recording the result of the reports contained in the CFP Tegalsari. The sampling
method was snowball sampling. Interviews were conducted on 130 respondents
consisting of gill net fisherman, large, medium, and small scale traders. The analysis
used is the analysis of operating income, R/C Ratio, marketing margin, marketing
efficiency, and fisherman's share. The results of this study found that there are 4
distribution pattern of Indian mackerel (Euthynnus affinis) marketing channels. The
total value of the marketing margin of marketing channels 1 to 4 is IDR 8.443 to IDR
16.033 and the marketing margin percentage is 55% to 70%. The percentage value
of fisherman’s share is 30% to 45%. The relationship between the value of the
marketing margin and the value of the fisherman’s share is not directly proportional.
The value of marketing efficiency from marketing channels 1 to 4 is 0,02 to 0,05. The
value of marketing margin and fisherman’s share has an effect on marketing
efficiency and is not directly propotional. Based on these results, it can be seen that
the overall marketing of Indian mackerel (Euthynnus affinis) in Tegalsari Coastal
Fishing Port is classified as efficient because the value of marketing efficiency for
each business is < 1.
Keywords: Indian mackerel, Marketing Channel, Marketing Margin, Tegalsari
Coastal Fishing Port

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ikan Tongkol, Margin Pemasaran, PPP Tegalsari, Saluran Pemasaran, Indian mackerel, Marketing Channel, Marketing Margin, Tegalsari Coastal Fishing Port
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:14
Last Modified: 13 Oct 2023 04:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item