Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, E-WOM, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK LOKAL DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Konsumen Generasi Z PIXY Cosmetics Melalui E-Commerce)

SURYANINGRUM, Salsa (2023) ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, E-WOM, DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK LOKAL DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIATOR (Studi Pada Konsumen Generasi Z PIXY Cosmetics Melalui E-Commerce). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130084.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130084.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)__12010119130084.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130084.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka__12010119130084.pdf - Published Version

Download (517kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

VUCA atau Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambigunity merupakan
kondisi yang kehadirannya tidak dapat terelakkan bagi suatu bisnis. Begitupun
dengan merek kosmetik lokal, perubahan dan perkembangan lingkungan bisnis
yang tidak dapat diprediksi menuntut untuk terus beradaptasi guna
mempertahankan kelangsungan dan posisi suatu merek. Masifnya perkembangan
teknologi dan informasi kerap melatarbelakangi bentuk perubahan perilaku dari
seorang konsumen. Dalam menganalisis perilaku konsumen di era digital yang
berkaitan dengan pengambilan keputusan pembelian, perusahaan perlu untuk
memberi perhatian pada kemungkinan hadirnya berbagai stimulus yang
mempengaruhi perilaku konsumen tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut,
penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana content marketing, e-WOM, dan
sales promotion berpengaruh dalam mendorong keputusan pembelian produk
kosmetik lokal pada merek PIXY Cosmetics melalui brand image.
Konsep dan model kerangka penelitian yang berkaitan dengan content
marketing, e-WOM, sales promotion, brand image, dan keputusan pembelian
dikembangkan dari teori dan juga penelitian sebelumnya. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive
sampling. Data penelitian diperoleh dari konsumen Generasi Z PIXY Cosmetics di
Indonesia yang melakukan pembelian secara online melalui e-commerce. Sebanyak
120 data responden diolah dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode
PLS-SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.2.9.
Temuan pada penelitian ini menjelaskan bahwa content marketing, e-WOM,
dan sales promotion memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian
secara positif dan signifikan. Disamping itu, temuan dalam penelitian ini turut
membuktikan adanya pengaruh tidak langsung atau peran mediasi yang dimiliki
oleh brand image dalam memediasi pengaruh content marketing, e-WOM, dan sales
promotion terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing, e-WOM, Sales Promotion, Brand Image, Keputusan Pembelian.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:29
Last Modified: 12 Oct 2023 08:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item View Item