Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN MULTIPLE TRAVELING SALESMAN PROBLEM DENGAN METODE SAVING MATRIX UNTUK OPTIMALISASI RUTE TERPENDEK PADA PENGIRIMAN BANTUAN LOGISTIK

Larasati, Khansa (2023) PENERAPAN MULTIPLE TRAVELING SALESMAN PROBLEM DENGAN METODE SAVING MATRIX UNTUK OPTIMALISASI RUTE TERPENDEK PADA PENGIRIMAN BANTUAN LOGISTIK. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 (Pendahuluan) - Khansa Larasati - Khansa Larasati.pdf

Download (920kB)
[img] Text
File 2 (Isi) - Khansa Larasati - Khansa Larasati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 (Daftar Pustaka) - Khansa Larasati - Khansa Larasati.pdf

Download (308kB)

Abstract

"Optimasi dengan pencarian rute terpendek merupakan salah satu masalah yang penting dalam suatu proses distribusi khususnya pada distribusi logistik darurat bencana alam. Penanganan proses distribusi yang lambat dapat mempengaruhi efektivitas dari kecepatan pelayanan untuk korban bencana yang berada di daerah rawan bencana. Oleh karena itu skripsi ini membahas metode Saving Matrix untuk mendapatkan lintasan terpendek dengan karakteristik Multiple Traveling Salesman Problem. Diawali dengan pencarian banyaknya jalan yang dapat dilalui oleh seorang salesman dengan penerapan matriks ketetanggan dan metode saving matrix untuk mencari rute dengan lintasan terpendek. Pencarian rute terpendek dikatakan optimal dengan cara menerapkan konsep lintasan Hamilton yang membentuk suatu rute dengan satu kali kunjungan pada tiap lokasi yang dilalui. Graf yang kurang mendukung dalam penerapan lintasan hamilton dapat mengimplementasikan konsep spanning cycle, yaitu dengan cara merentangkan beberapa kemungkinan untuk mengunjungi lokasi – lokasi dalam satu kali kunjungan untuk mendapatkan lintasan terpendek yang mengakibatkan w(x,y)≤w(x,z)+w(z,y). Simulasi dilakukan dengan cara mengambil data berupa jarak antar kecamatan pada Provinsi Banten. Lintasan terpendek dapat dikatakan optimal karena jarak antar lokasi yang lebih kecil nilainya dibandingkan jarak tempuh dari suatu depot ke setiap kecamatan dengan arah bolak balik hingga membentuk suatu lintasan.

Kata Kunci : Optimasi, Matriks Ketetanggaan, Saving Matrix, Spanning Cycle, Rute Terpendek"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:56
Last Modified: 09 Oct 2023 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17029

Actions (login required)

View Item View Item