RANAA, Nadia Aqilah (2023) PENGARUH SOCIAL PRESENCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SIARAN LANGSUNG TIKTOK DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Merek Somethinc). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130206.pdf Download (355kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130206.pdf - Published Version Download (492kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130206.pdf - Published Version Download (566kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130206.pdf - Published Version Download (755kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130206.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130206.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan popularitas siaran langsung yang cepat mendorong
pengembangan strategi bisnis baru yang disebut siaran langsung commerce.
Adanya interaktivitas yang tinggi dan rangsangan sensorik yang kaya pada siaran
langsung, mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga dengan mudah
mendorong perilaku pembelian impulsif. Namun, pengetahuan tentang pembelian
impulsif dalam siaran langsung commerce sangat terbatas. Penelitian ini
mengusulkan kerangka teoritis yang dapat digunakan untuk memeriksa bagaimana
siaran langsung memengaruhi keinginan konsumen untuk membeli secara impulsif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna TikTok yang mengetahui dan
pernah membeli produk Somethinc dalam siaran langsung commerce. Dalam survei
online dengan menyebarkan kuesioner, diperoleh 153 jawaban valid yang dipilih
dengan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan structural equation modelling (SEM).
Hasil menunjukkan bahwa 3 dimensi social presence (social presence of
platform, viewers, dan live streamer) berpengaruh positif terhadap kepercayaan
konsumen. Hasil juga menunjukkan bahwa 3 dimensi social presence (social
presence of platform, viewers, dan live streamer) berpengaruh positif terhadap
perilaku pembelian impulsif melalui kepercayaan konsumen. Selanjutnya,
penelitian ini membuktikan bahwa dorongan untuk membeli secara impulsif
didorong oleh social presence dan kepercayaan konsumen dalam konteks siaran
langsung commerce. Penelitian ini akan membantu merek untuk lebih memahami
cara merangsang perilaku pembelian konsumen. Penelitian juga memberikan
referensi untuk mengembangkan siaran langsung commerce dalam bisnis online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Presence, Kepercayaan Konsumen, Perilaku Pembelian Impulsif, Siaran langsung |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 04:20 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 04:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17008 |
Actions (login required)
View Item |