Search for collections on Undip Repository

DPRD TANPA PEREMPUAN : STUDI KASUS KEGAGALAN CALEG PEREMPUAN PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2019

Dayanti, Anggun Putri (2023) DPRD TANPA PEREMPUAN : STUDI KASUS KEGAGALAN CALEG PEREMPUAN PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI TAHUN 2019. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (843kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (546kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (854kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (848kB)

Abstract

Partisipasi politik merupakan kegiatan individu atau kelompok orang untuk terlibat dalam proses pembuatan kebijakan oleh pemerintah. Partisipasi politik yang dilakukan oleh perempuan artinya keterlibatan mereka dalam proses politik, salah satunya menjadi anggota legislatif. Kasus kegagalan caleg perempuan pada pemilihan legislatif di Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2019 berdampak pada rendahnya keterlibatan perempuan untuk mempengaruhi proses kebijakan di parlemen. Untuk mendorong perempuan masuk politik di Indonesia telah dijamin oleh hukum dan pemerintah, seperti kebijakan afirmasi yaitu minimal kuota keterwakilan perempuan 30% dalam partai politik dan pemilu. Namun kebijakan tersebut tidak serta merta memudahkan perempuan masuk ke parlemen, yang menentukan lolosnya kandidat dalam kompetisi politik adalah kapasitas untuk memobilisasi pemilih (masyarakat).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan adalah partisipasi politik (Huntington dan Nelson), faktor kegagalan modalitas (pierre bourdieu) dan sosial budaya. Data dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara kepada caleg perempuan, Komisioner KPU dan masyarakat Mentawai sebagai pemilih. Adapun pemilihan Informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa kegagalan caleg perempuan pada pemilihan legislatif di Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2019 disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kapasitas modal sosial, ekonomi, dan politik yang rendah. Sehingga kepercayaan diri/motivasi perempuan dalam kontestasi politik menjadi lemah, dan faktor terakhir adalah kondisi sosial budaya masyarakat Mentawai yang kurang berpihak pada perempuan.

Kata Kunci : Partisipasi Politik, Perempuan, Kegagalan Caleg Perempuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:47
Last Modified: 05 Oct 2023 08:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17001

Actions (login required)

View Item View Item