Search for collections on Undip Repository

Analisis Pengaruh User Interface Design dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention Konsumen GoFood di Kota Semarang 138adbis2023

Rahman, Akbar Taufikur (2023) Analisis Pengaruh User Interface Design dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention Konsumen GoFood di Kota Semarang 138adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini membuat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat dengan munculnya berbagai inovasi yang diciptakan. Layanan pesan-antar makanan berbasis daring (online) menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup ramai diperbincangkan selama beberapa tahun terakhir, dimana banyak bermunculan bisnis-bisnis baru yang bergerak di bidang ini. GoFood merupakan salah satu layanan online food delivery yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan data Gross Merchandise Value dan market share menunjukkan bahwa persentase angka GoFood mengalami fluktuasi. User interface design dan e-service quality diduga menjadi faktor yang mempengaruhi repurchase intention konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara user interface design dan e-service quality diskon terhadap repurchase intention. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori dengan teknik sampling menggunakan metode puprosive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden masyarakat di Kota Semarang yang menggunakan GoFood. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t, dan uji F dengan alat bantu aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa user interface design dan e-service quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention baik parsial maupun simultan. Perhitungan secara parsial user interface design memiliki pengaruh yang baling besar terhadap repurchase intention yakni sebesar 47,2%. Sedangkan e-service quality menyumbang sebesar 35,5% terhadap repurchase intention. Selanjutnya, secara simultan user interface design dan e-service quality menyumbang sebesar 55,7% terhadap repurchase intention. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pihak Gojek disarankan untuk meningkatkan kualitas tampilan agar tidak terlalu umum seperti layanan serupa lainnya, melengkapi informasi yang tersedia pada merchant GoFood, serta mempersingkat proses pengguna dalam melakukan pemesanan di GoFood. Selanjutnya, perusahaan dapat melakukan efektifitas dan efisiensi pada fitur-fitur yang tersedia, serta memperbaiki kualitas pelayanan customer service pada GoFood.

Kata Kunci: User Interface Design, E-Service Quality, Repurchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:02
Last Modified: 03 Nov 2023 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item