Search for collections on Undip Repository

ANALISIS STRATEGI MEDIA RELATIONS PT PARAGON TECHNOLOGY & INNOVATION DALAM MEMBANGUN CORPORATE NARRATIVE 103kom2023

Ashila, Feyza Syifa (2023) ANALISIS STRATEGI MEDIA RELATIONS PT PARAGON TECHNOLOGY & INNOVATION DALAM MEMBANGUN CORPORATE NARRATIVE 103kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (880kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (528kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa meskipun PT Paragon Technology & Innovation memiliki merek-merek kosmetik yang sukses, seperti Wardah, Emina, dan Make Over, perusahaan ini kurang dikenal di masyarakat serta memiliki kurangnya pemberitaan media daring yang mencerminkan perbandingan yang tidak seimbang antara popularitas merek dan pemahaman tentang perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi media relations PT Paragon Technology & Innovation dalam membangun citra korporat. Penelitian ini mengadopsi paradigma post-positivisme dengan pendekatan studi kasus serta teknik analisis pattern-matching berdasarkan Teori Stakeholder, Teori Manajemen Impresi, konsep corporate narrative dan, konsep publisitas. Fokus utama adalah divisi Corporate Communication PT Paragon Technology & Innovation yang berperan sebagai media relations. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen, sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung. Validitas data dipastikan melalui kriteria kredibilitas, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Paragon Technology & Innovation menerapkan strategi media relations yang komprehensif dalam membangun corporate narrative. Mereka membangun hubungan yang kuat dengan media melalui proses pitching yang relevan dengan audiens dan narasi perusahaan. Implementasi program media relations dilakukan secara berkesinambungan, termasuk media amplification, press conference, media visit, media tour, media collaboration, media gathering, dan Fellowship Jurnalisme Media. Saran penelitian adalah agar PT Paragon Technology & Innovation meningkatkan efektivitas media relations melakukan briefing terkait intensitas penyebutan nama PT Paragon Technology & Innovation dalam pemberitaan kepada media, memberikan bahan pemberitaan dengan data faktual disertai historis ataupun milestone mengenai PT Paragon Technology & Innovation. Dengan demikian, PT Paragon Technology & Innovation dapat lebih baik mengatasi ketidakseimbangan antara popularitas merek dan pemahaman tentang perusahaan itu sendiri.

Keywords: Media Relations; Corporate Narrative; PT Paragon Technology & Innovation, Studi Kasus Deskriptif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2023 05:20
Last Modified: 02 Nov 2023 06:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item View Item