Search for collections on Undip Repository

IDIOSINKRATIK ANGELA MERKEL DIBALIK PEMBANGUNAN NORD STREAM 2: PROYEK KONTROVERSI GEOPOLITIK EROPA ATAS KESEPAKATAN JERMAN DAN RUSIA

Lahallo, Kezia Gergardrini Frederica (2023) IDIOSINKRATIK ANGELA MERKEL DIBALIK PEMBANGUNAN NORD STREAM 2: PROYEK KONTROVERSI GEOPOLITIK EROPA ATAS KESEPAKATAN JERMAN DAN RUSIA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (714kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (723kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (237kB)

Abstract

Dukungan yang diberikan oleh Angela Merkel terhadap proyek Nord Stream 2 disamping banyaknya kritik dan kecaman terhadap pembangunan proyek tersebut merupakan latar belakang dari penelitian ini. Masalah yang muncul: Mengapa Angela Merkel selaku Kanselir Jerman mendukung terlaksananya proyek Nord Stream 2 meskipun terdapat kontroversi yang mengikutinya? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui latar belakang pembangunan proyek Nord Stream 2 disamping kontroversi yang mengikutinya. Selain itu, untuk menganalisis faktor idiosinkratik Angela Merkel dan pengaruhnya terhadap dukungan yang Merkel berikan pada kasus pembangunan proyek Nord Stream 2. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mempergunakan teori idiosinkratik (analisis level individu) dengan mengadopsi kerangka konseptual yang dikemukakan oleh Margaret G. Hermann. Adapun penelitian ini juga dilakukan dengan metode analisis kualitatif model analisis konten (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan Merkel terhadap Nord Stream 2 pada dasarnya dipengaruhi oleh idiosinkratik itu sendiri. Merkel merupakan pemimpin conciliatory dengan orientasi kebijakan yang partisipatif, ini menghasilkan kecenderungan perilaku untuk terbuka terhadap kerjasama dan memelihara kepositifan hubungan dengan pihak manapun dalam memfasilitasi tujuan strategis negaranya.

Kata Kunci: Idiosinkratik; Angela Merkel; Nord Stream 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:02
Last Modified: 12 Oct 2023 10:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item