Search for collections on Undip Repository

Impact of Social Media Influencers on Consumer Purchase Decision (Case: International Fast-Food Chain Subway)

HAFIZH, Sulthan Rafi Al (2023) Impact of Social Media Influencers on Consumer Purchase Decision (Case: International Fast-Food Chain Subway). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119190269.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119190269.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119190269.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119190269.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119190269.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119190269.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Subway, salah satu jaringan makanan cepat saji internasional, telah membuka
cabangnya di Indonesia setelah beberapa tahun lalu mereka memutuskan untuk menutup
gerainya di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi perbincangan sebagian besar
masyarakat Indonesia karena sebagian dari mereka hanya mengenal Subway dari film,
internet, atau ketika berada di luar negeri. Kembalinya Subway ke Indonesia
menandakan adanya permintaan dari warga negara Indonesia akan makanan dan
minuman dari Subway. Meski begitu, masih banyak warga yang masih asing dengan
produk Subway di Indonesia, sehingga penting bagi Subway Indonesia untuk
menentukan strategi agar produknya bisa laku di pasaran. Untuk meningkatkan output
dari strategi ini, berbagai cara telah dilakukan sehingga banyak orang memutuskan
untuk membeli produk dari Subway. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh social media food influencer serta electronic word of mouth terhadap
keputusan pembelian produk Subway dengan niat beli sebagai variabel intervening.
Penulis melakukan studi empiris dengan menyebarkan kuesioner di internet
sebagai metode pengumpulan data melalui responden yang memenuhi kriteria sampel.
Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 115 orang dengan kriteria pernah
membeli produk Subway, aktif di Instagram dan YouTube, serta mengenal dan pernah
berinteraksi dengan konten milik food influencer ternama yaitu Tasyi Athasyia, Ken dan
Grat, dan Dims the Meat Guy. Hubungan antar variabel laten diukur dengan
menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
Penelitian ini mengarah pada penemuan bahwa Influencer Media Sosial tidak
berpengaruh terhadap niat beli konsumen Subway. Di sisi lain, Electronic Word of
Mouth memiliki dampak positif terhadap niat beli konsumen. Temuan lain dari analisis
variabel dalam penelitian ini adalah niat beli memiliki hubungan positif yang signifikan
terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Influencer media sosial, Electronic Word of Mouth, niat beli, keputusan pembelian, fast food internasional, Subway.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:10
Last Modified: 04 Oct 2023 03:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16891

Actions (login required)

View Item View Item