Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc di Kota Semarang 126adbis2023

Karimah, Luthfiah (2023) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc di Kota Semarang 126adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (596kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (486kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (961kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri perawatan kecantikan semakin berkembang pesat dan konsumen semakin memperhatikan kebutuhan kulitnya sehingga konsumen akan melakukan pencarian terhadap produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat antar perusahaan kosmetik termasuk pada skincare Somethinc sehingga menyebabkan penurunan penjualan selama tahun 2022. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk keputusan pembelian yaitu dengan adanya strategi harga, kualitas produk hingga electronic word of mouth.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga, kualitas produk, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Selain itu, metode pengambilan sampel kuesioner responden secara luring menggunakan accidental sampling dan secara daring menggunakan snowball sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran Skala Likert. Penelitian ini menggunakan program bantu dari software SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 27.0 dan digunakan untuk melakukan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc, terdapat pengaruh positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan harga, kualitas produk, dan Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc.
Berdasarkan hasil maka disarankan untuk Somethinc agar menyesuaikan harga dengan target pasar dan ukuran produk, mengembangkan desain dari produk, menginformasikan secara jelas kepada konsumen mengenai komplain terkait produk, serta terus berinovasi menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:02
Last Modified: 03 Nov 2023 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item