Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Pengguna Jasa JNE Kota Cilegon) 127adbis2023

Munthalib, Nurul Nuha Suliestyana (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Pengguna Jasa JNE Kota Cilegon) 127adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (397kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (391kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (160kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (143kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Perubahan zaman mendorong industri jasa pengiriman barang dan logistik untuk terus bertumbuh dan menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia adalah JNE. Sebagai salah satu perusahaan jasa, JNE perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dan meningkatkan kepercayaan agar mampu bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Namun beberapa penilaian konsumen terhadap pelayanan JNE masih sering mendapatkan penilaian yang buruk. Masalah yang muncul adalah apakah ada pengaruh terhadap kualitas pelayanan dan kepercayana terhadap loyalitas konsumen?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang pernah menggunakan jasa JNE di Kota Cilegon. Data yang diperoleh dari kuesioner diolah menggunakan SPSS 27.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen baik secara parsial maupun secara simultan. Secara parsial kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 80% terhadap loyalitas konsumen. Secara parsial kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 70,9% terhadap loyalitas konsumen. Dan secara simultan kualitas pelayanan dan kepercayaan memilki pengaruh 83,3% terhadap loyalitas konsumen
Saran dalam penelitian ini adalahh dengan peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan kepercayaandengan memperbaiki pelayanan yang diberikan seperti mengurangi keterlambatan pengiriman paket, memperbaiki ketanggapan karyawan dalam menangani keluhan konsumen dan menjaga kenyamanan tempat menunggu bagi konsumen.

Keywords: Kualitas pelayanan, kepercayaan, loyalitas konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:09
Last Modified: 03 Nov 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item