Search for collections on Undip Repository

PENENTUAN AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAN FRAKSI DAUN KERSEN (Muntingia calabura) SECARA IN VIVO PADA MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Situmorang, Farida Anggrieta Garini and Anam, Khairul and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) PENENTUAN AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAN FRAKSI DAUN KERSEN (Muntingia calabura) SECARA IN VIVO PADA MENCIT YANG DIINDUKSI ALOKSAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (FARIDA ANGGRIETA GARINI SITUMORANG-22010319130039-TESIS-ABSTRAK)
FARIDA ANGGRIETA GARINI SITUMORANG-22010319130039-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus merupakan penyakit dimana kadar glukosa dalam darah meningkat disebabkan ketidakcukupan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun kersen (Muntingia calabura) berpotensi untuk menangani diabetes. Fraksinasi dari ekstrak daun kersen mempengaruhi jenis senyawa yang terkandung yang dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa.

Tujuan: Mengetahui potensi ekstrak dan fraksi daun kersen terhadap penurunan kadar glukosa darah puasa pada mencit yang diinduksi aloksan dan kandungan flavonoid totalnya.

Metode: Daun kersen diekstrasi dengan etanol 96% dan difraksinasi dengan metode kromatografi cair vakum menggunakan pelarut etil asetat dan etanol. Ekstrak dan fraksi dilakukan karakterisasi, pengujian kadar flavonoid total, dan aktivitas antidiabetes secara in vivo. Analisis data menggunakan Paired T-Test dan One Way ANOVA dilanjutkan Post Hoc LSD.

Hasil: Ekstrak dan fraksi daun kersen berpengaruh dalam penurunan kadar glukosa darah puasa. Nilai penurunan tertinggi yaitu fraksi etil asetat sebesar 51,192 mg/dL (27,857%) dan menunjukkan perbedaan tidak bermakna dengan glibenklamid (p>0,005). Kadar flavonoid total yang dihasilkan ekstrak etanol daun kersen sebesar 70,174 ± 1,221 mgQE/g, fraksi etil asetat 116,771 ± 0,551 mgQE/g, dan fraksi etanol 56,91 ± 0,732 mgQE/g.

Kesimpulan: Ekstrak dan fraksi daun kersen berpotensi dalam menurunkan kadar glukosa darah puasa pada mencit yang diinduksi aloksan. Kandungan flavonoid total tertinggi dihasilkan oleh fraksi etil asetat diikuti ekstrak etanol dan fraksi etanol daun kersen.

Kata kunci: antidiabetes, daun kersen, diabetes melitus, fraksi, aloksan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antidiabetes, daun kersen, diabetes melitus, fraksi, aloksan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:05
Last Modified: 04 Oct 2023 06:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16825

Actions (login required)

View Item View Item