Niamillah, Hafizha (2023) ANALISIS PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH DALAM MENANGANI LAPORAN MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK 137publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (847kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (475kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (397kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (321kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Good governance atau tata pemerintahan yang baik merupakan harapan seluruh warga
negara. Selain harus bersih dan efisien, pemerintah juga diharapkan memberi
pelayanan yang prima kepada masyarakat, namun kenyataannya masih banyak
kesenjangan dan penyimpangan dalam pemberian pelayanan publik. Dari sudut
pandang ini, Ombudsman dibutuhkan untuk berperan aktif dalam penanganan
maladministrasi pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peran Ombudsman Jawa Tengah dalam menangani laporan maladministrasi pelayanan
publik dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat perannya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif
dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian dilakukan di kantor Ombudsman Jawa Tengah dengan
melibatkan sejumlah informan kunci yang diyakini relevan dengan penelitian. Teori
yang diterapkan adalah teori peran yang dikemukakan oleh Jam Ife dan Frank
Tesoriero yang meliputi peran fasilitatif, peran edukasional, peran representatif, dan
peran teknis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Ombudsman Jawa Tengah
dalam menangani laporan maladministrasi pelayanan publik secara keseluruhan sudah
baik, kecuali pada satu peran yaitu peran edukasional. Faktor pendorong peran
Ombudsman Jawa Tengah dalam menangani laporan maladministrasi pelayanan publik
adalah kompetensi, sosialisasi dan perilaku peran, sedangkan faktor penghambatnya
adalah role transition dan role distance.
Kata kunci : Good governance, peran Ombudsman, maladministrasi pelayanan publik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 07:13 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16817 |
Actions (login required)
View Item |