Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN PEMASARAN SOSIAL PENCEGAHAN STUNTING DAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING 97kom2023

Hutaminingtyas, Nadia (2023) PENGARUH TERPAAN PEMASARAN SOSIAL PENCEGAHAN STUNTING DAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING 97kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB I - PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version

Download (917kB)
[img] Text
BAB II - GAMBARAN UMUM.pdf - Submitted Version

Download (483kB)
[img] Text
BAB III - HASIL PENELITIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV - ANALISIS DATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V - PENUTUP.pdf - Submitted Version

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (978kB)

Abstract

Tumbuh kembang anak menjadi perhatian bagi setiap orang tua. Per tahun 2021 terdapat berbagai macam permasalahan kesehata yang dapat dialami oleh anak-anak, salah satunya adalah stunting. Tingkat prevalensi stunting secara nasional per tahun 2021 berada di angka 24 persen. Hal tersebut berada diatas ambang batas yang ditetapkan oleh WHO, yaitu sebesar 20 persen. Permasalahan tersebut menjadi perhatian baik bagi pemerintah pusat, daerah, pihak swasta, maupun seluruh orang tua yang memiliki anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori. Melalui penyebaran kuisioner kepada 100 responden dengan karakteristik orang tua yang memiliki anak dengan usia dibawah 6 tahun, pernah menerima informasi mengenai stunting, dan pernah memeriksakan anaknya di Posyandu Kota Tegal didapatkan hasil bahwa terpaan pemasaran sosial pencegahan stunting memiliki pengaruh positif terhadap perilaku pencegahan stunting. Hal tersebut diperkuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,860. Temuan tersebut sejalan dengan Integrated Theory of Health Behavior Change yang digunakan. Selain itu, tingkat pendidikan juga memiliki pengaruh positif terhadap perilaku pencegahan stunting. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,863. Hasil penelitian yang telah dilakukan selaras dengan Teori Kategorisasi Sosial yang digunakan.
Kata kunci: Stunting, Pemasaran sosial, Perilaku pencegahan stunting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:45
Last Modified: 02 Nov 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item