Search for collections on Undip Repository

PELAYANAN ADMINISTRASI KARTU JOMBANG SEHAT DI DINAS SOSIAL KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2020-2021

Chonica, Marcella Nais Thessha (2023) PELAYANAN ADMINISTRASI KARTU JOMBANG SEHAT DI DINAS SOSIAL KABUPATEN JOMBANG TAHUN 2020-2021. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (274kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelayanan administrasi Kartu Jombang
Sehat yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada tahun 2020
hingga 2021. Lingkup pelayanan administasi dalam hal ini terbagi dalam
pelayanan pendaftaran produk Kartu Jombang Sehat yakni pendaftaran untuk
produk kartu dan pendaftaran untuk produk surat rekomendasi. Tujuan
dilakukannya penelitian ini sendiri adalah untuk menganalisis praktik proses
pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang dilakukan oleh Dinas Sosial
Kabupaten Jombang pada tahun 2020 hingga 2021 serta upaya apa saja yang
telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang untuk mengatasi
hambatan yang sempat ditemui saat kegiatan pelayanan adminitrasi Kartu
Jombang Sehat pada masa tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan
pendekatan deskriptif. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini antara lain
data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan
kuesioner dengan teknik pengambilan responden menggunakan accidental
sampling. Sementara pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara
semi terstruktur dengan teknik pengambilan informan menggunakan purposive
sampling. Sebagai pendukung data kualitatif, dalam penelitian ini juga
melakukan observasi dan menggunakan studi literatur.
Terdapat hasil bahwa pelayanan administrasi Kartu Jombang Sehat yang
dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada tahun 2020 hingga 2021
telah berjalan dengan baik namun belum sepenuhnya optimal. Ini diketahui dari
hasil analisis data kuantitatif penelitian ini terhadap 13 responden pengguna
layanan Kartu Jombang Sehat terkait pelayanan administrasi di Dinas Sosial
Kabupaten Jombang menunjukkan bahwa 5 dari 8 item pertanyaan kuesioner
memperoleh nilai mean yang masuk dalam kategori ‘baik’. Sementara dari hasil
analisis data kualitatif penelitian ini sendiri menemukan bahwa masih adanya
beberapa kondisi yang menjadi penghambat saat kegiatan pelayanan
administrasi Kartu Jombang Sehat yang berlangsung pada kala itu dan dalam hal
ini Dinas Sosial Kabupaten Jombang realitasnya telah melakukan beberapa
upaya untuk mengatasinya namun dalam praktiknya masih ditemukan adanya
hambatan yang belum ditangani. Seperti masih belum disediakannya pelayanan
secara online, belum adanya perbaikan dari segi posisi penempatan kotak saran,
dan sistem antrian yang masih kurang jelas.

Kata Kunci: Pelayanan Administrasi; Kartu Jombang Sehat; Dinas Sosial
Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:18
Last Modified: 29 Sep 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item