Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Perkembangan Bahasa Antara Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan dibandingkan Tanpa Penyakit Jantung Bawaan

Sembiring, Yulia Evita Sari and Soetadji, Anindita and Rahmadi, Farid Agung and Putranti, Alifiani Hikmah and Mellyana, Omega (2023) Perbedaan Perkembangan Bahasa Antara Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan dibandingkan Tanpa Penyakit Jantung Bawaan. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
YULIA EVITA SARI SEMBIRING-22040319310008-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit jantung struktural atau fungsional yang ada sejak lahir dan malformasi jantung. Angka kejadian PJB 0.8-1% setiap kelahiran hidup serta menjadi masalah kesehatan global. Anak dengan PJB dapat mengalami perubahan pada perkembangan otak sehingga mengalami keterlambatan kognitif dan atau perkembangan neuropsikologi anak dengan PJB.
Tujuan: Mengetahui perbedaan perkembangan bahasa pada anak dengan PJB dan tanpa PJB
Metode: Penelitian cross sectional di RSUP Dr. Kariadi Semarang terhadap 41 anak PJB yang belum dikoreksi dan 41 anak tanpa PJB usia 12-36 bulan. Pemeriksaan perkembangan bahasa menggunakan caput scale dilakukan oada kedua kelompok.
Hasil: Pada kelompok yang mengalami gangguan perkembangan bahasa, didapatkan rerata nilai 79,286 (±4,261) pada kelompok tanpa PJB, 71,767 (±13,338) pada kelompok dengan PJB. Perbedaan perkembangan bahasa baik reseptif maupun ekspresif antara anak dengan PJB dan tanpa PJB, perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif antara PJB sianotik dengan PJB asianotik dengan nilai p>0.05
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan perkembangan bahasa anak dengan PJB dan anak tanpa PJB, tidak terdapat perbedaan perkembangan bahasa baik ekspresif maupun reseptif pada anak dengan PJB sianotik dibandingkan PJB asianotik.
Kata kunci: Penyakit jantung bawaan, Perkembangan Bahasa, Reseptif, Ekspresif, Caput Scale

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penyakit jantung bawaan, Perkembangan Bahasa, Reseptif, Ekspresif, Caput Scale
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 29 Sep 2023 05:26
Last Modified: 29 Sep 2023 05:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16734

Actions (login required)

View Item View Item