Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Protein Hewani dan Protein Nabati, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi dengan Kekuatan Genggam Tangan pada Lansia

Salma Dina, Shalawati and Adi Murbawani, Etisa and Tri Susilo, Mursid and Mustaqimatusy Syahadah, Muti’ah Hubungan Asupan Protein Hewani dan Protein Nabati, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi dengan Kekuatan Genggam Tangan pada Lansia. -. (Unpublished)

[img] Text
Shalawati Salma Dina (Abstrak).pdf

Download (117kB)

Abstract

Latar Belakang: Penuaan yang terjadi pada lansia berkaitan dengan respon anabolik yang kurang terhadap asupan makanan sehingga menyebabkan hilangnya massa dan fungsi otot. Kurangnya konsumsi protein, keterbatasan aktivitas fisik, dan status gizi mengarah pada hilangnya kekuatan genggam tangan pada lansia. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan asupan protein hewani dan protein nabati, aktivitas fisik, dan status gizi dengan kekuatan genggam tangan pada lansia.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional. Jumlah subjek 61 lansia (60-69 tahun). Data yang dikumpulkan meliputi identitas subjek, asupan protein menggunakan Recall 24h sebanyak 2x pada weekday dan weekend, aktivitas fisik menggunakan International Physical Activity Questionnaire Short Form (IPAQ-SF), status gizi menggunakan perhitungan IMT dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan, dan massa otot menggunakan BIA. Data dianalisis dengan uji pearson dan uji regresi logistik.
Hasil: Terdapat 79% subjek memiliki asupan protein kurang, 65% subjek memiliki aktivitas fisik yang rendah, dan 59% subjek memiliki status gizi normal, serta rerata kekutan genggan tangan 20,6 kg. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan asupan protein total (p = 0,043, r = 0,260), asupan protein nabati (p = 0,002, r = 0,388), massa otot (p = 0,000, r = 0,554), dan jenis kelamin (p = 0,000, r = -0,674) dengan kekuatan genggam tangan. Uji multivariat menunjukkan bahwa jenis kelamin paling berpengaruh terhadap kekuatan genggam tangan (p = <0,001)
Simpulan: Asupan protein total, asupan protein nabati, dan massa otot berhubungan dengan kekuatan genggam tangan pada lansia. Jenis kelamin merupakan penentu kekuatan genggam tangan.
Kata Kunci : Asupan protein nabati, asupan protein hewani, aktivitas fisik, status gizi, kekuatan genggam tangan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:38
Last Modified: 27 Sep 2023 09:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16724

Actions (login required)

View Item View Item