Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Senam Aerobik terhadap Sagittal Abdominal Diameter (SAD) dan Lingkar Pinggang pada Mahasiswi Obesitas

Dwi Purwanti, Isna and Ratna Noer, Etika and Fithra Dieny, Fillah and Sandi Wijayanti, Hartanti Pengaruh Pemberian Senam Aerobik terhadap Sagittal Abdominal Diameter (SAD) dan Lingkar Pinggang pada Mahasiswi Obesitas. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak_Isna Dwi Purwanti.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi obesitas sentral semakin meningkat dan memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit degeneratif. Kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab adanya obesitas sentral. Latihan fisik seperti senam aerobik diketahui dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh senam aerobik terhadap Sagittal Abdominal Diameter (SAD) dan lingkar pinggang (LP) pada mahasiswi obesitas

Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experimental pre-post test with control group design. Subjek berjumlah 22 orang mahasiswi obesitas berusia 19-25 tahun di Kota Semarang. Subjek dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok perlakuan diberikan edukasi dan intervensi berupa senam aerobik selama 4 minggu secara online, sedangkan kelompok kontrol diberikan edukasi. Data antropometri diukur secara langsung sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan uji paired t-test, independent t-test, dan mann whitney.

Hasil: Ada beda LP pada masing-masing kelompok sebelum dan sesudah intervensi. Penurunan LP kelompok perlakuan -3,29±2,05 (p<0,001) lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol -2,64±3,2 (p=0,023). Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada LP (p=0,579) dan SAD (p=0,486) antar kedua kelompok sebelum dan sesudah intervensi.

Simpulan: Terjadi penurunan LP lebih besar pada subjek kelompok senam aerobik dibandingkan dengan kelompok kontrol namun perbedaan keduanya tidak signifikan. Tidak ada beda SAD pada kedua kelompok sebelum dan sesudah senam aerobik.

Kata Kunci: Senam Aerobik, Sagittal Abdominal Diameter, Lingkar Pinggang (LP), Obesitas Sentral

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Sep 2023 09:26
Last Modified: 27 Sep 2023 09:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item